Bunda, Perlunya Waspadai Pengaruh Kanker Pada Kehamilan

Katalogibu – Siapa pun pasti menginginkan tubuhnya selalu sehat, apalagi bagi ibu hamil yang di dalam kandungannya berdiam janin. Bagaimana tidak? Ibu hamil akan selalu berusaha menjaga kesehatannya agar janin yang dikandungnya juga tetap sehat. Namun, apa yang terjadi jika kehamilan akan terganggu dengan datangnya sebuah penyakit, seperti kanker? Berkembangnya kanker pada ibu hamil akan menghambat perkembangan janin, seperti menyebabkan kelainan letak janin, menghalangi persalinan, meningkatkan risiko bayi lahir cacat dan premature, dan mengancam terjadinya keguguran (abortus).

Kita mengenal dua jenis kanker yang sangat ditakuti oleh kaum wanita, yaitu kanker serviks dan kanker payudara. Kedua jenis kanker tersebut merupakan jenis kanker mematikan. Kanker payudara, adalah kanker yang menyerang pada jaringan payudara. Risiko kanker payudara pada kehamilan akan otomatis berkurang seiring dengan usia kehamilan. Sedangkan, kanker serviks adalah kanker yang menyerang serviks yang berada tepat di bawah kandungan atau uterus. Kanker ini merupakan kanker yang paling ditakuti oleh kaum wanita. Kemungkinan terburuk dari ibu hamil yang mengidap kanker serviks adalah janin dalam kandungannya akan diangkat.

Lalu, pengobatan apa yang sebaiknya dilakukan ketika kanker menyerang saat hamil? seiring dengan majunya ilmu kedokteran, pengobatan kanker pada saat kehamilan bisa dilakukan, namun tetap harus memperhatikan usia kehamilan dan seberapa ganas kanker yang menggerogoti tubuh ibu hamil. Ada beberapa dokter yang menyarankan ibu hamil penderita kanker tetap menjalankan pengobatan, seperti operasi dan kemoterapi untuk memberantas sel kanker.

Tak hanya itu saja, obat-obatan yang diberikan juga telah dijamin keamanannya dan tidak membahayakan janin. Bahkan, operasi juga tentu dilakukan dengan pengawasan ahli anestesi yang memperhitungkan kesehatan kehamilan. Sedangkan untuk kemoterapi, biasanya dilakukan setalah trimester pertama, karena pada masa ini organ janin telah terbentuk.

Hingga saat ini, harapan kehidupan bagi ibu hamil dan bayinya masih sangat tinggi. Selain itu, kualitas kesehatan dalam hidup anak yang lahir dari ibu penderita kanker juga dapat dikatakan sama seperti anak yang lahir dari ibu yang normal. Ada beberapa pertimbangan dari tim medis ketika berhubungan dengan kasus seperti ini dimana usia kandungan, jenis penyakit dan juga kesehatan ibu menjadi bahan pertimbangan utama. Apakah terapi akan diadakan pada masa kehamilan atau setelah kelahiran si bayi.

Kedua kanker yang sudah disebutkan di atas adalah hal yang paling menakutkan bagi wanita terutama penyakit kanker pada ibu hamil. Karena itu, untuk mencegahnya selalu jaga kesehatan dan kebersihan organ kewanitaan Anda sebaik-baiknya. Dan, segeralah memeriksakan kondisi organ kewanitaan Anda kepada dokter jika dirasa muncul beberapa tanda-tanda timbulnya kanker. Semoga bermanfaat untuk bunda dan buah hati ya.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Perlunya Waspadai Pengaruh Kanker Pada Kehamilan"