Bunda, Simak Tips Mengatasi Kolik Pada Bayi Yuk

No comment 320 views

Tips Mengatasi Kolik Pada Bayi

Saat bayi Anda lahir, ia masih belum dapat berkomunikasi layaknya orang dewasa, dan satu-satunya cara untuk berkomunikasi dengan orangtuanya adalah dengan menangis. Itulah mengapa tangisan bayi memiliki arti yang bermacam-macam, mulai dari rasa lapar, takut, ketidaknyamanan, hingga rasa sakit. Pada umumnya, tangisan bayi akan mereda begitu kebutuhannya terpenuhi, akan tetapi ada kalanya bayi terus-menerus menangis, bahkan dapat berlangsung selama berjam-jam hingga membuat ibu stres. Tanda-tanda dari bayi yang terkena kolik selain menangis rewel adalah, kedua tangannya mengepal, bayi menarik lutut ke arah perut, kondisi punggung melengkung, hingga wajahnya memerah. Untungnya, ada beberapa tips mengatasi kolik pada bayi. Simak tips-nya berikut yuk, Moms.

Salah satu tips mengatasi kolik pada bayi adalah dengan memandikan bayi dengan menggunakan air hangat. Air hangat dapat membantu memperlebar dinding pembuluh darah dan melemaskan otot-otot tubuh bayi. Rasa nyeri yang diderita bayi pun akan sedikit mereda. Anda juga dapat mengompres botol berisi air hangat di perut bayi. Selain itu, Anda juga dapat mengolesi perut bayi dengan baby oil atau minyak kelapa. Diharapkan dengan demkian, gelembung angin yang terperangkap di dalam perut bayi akan keluar dan kolik yang diderita bayi pun akan reda dengan sendirinya.

Kolik disebabkan oleh terperangkapnya gelembung-gelembung udara di dalam perut bayi. Penyebabnya pun bermacam-macam, salah satunya adalah akibat ketidakcocokan antara bayi dengan susu formula yang Anda berikan. Untuk mencegahnya, Anda cukup mengganti produk susu formula dengan susu formula merek lain yang lebih bersahabat untuk bayi Anda.

Sedangkan jika bayi Anda masih mengkonsumsi susu ASI, Anda perlu berhati-hati untuk tidak mengkonsumsi, atau paling tidak mengurangi konsumsi makanan-makanan yang menghasilkan angin. Contoh dari makanan-makanan tersebut adalah antara lain makanan dengan cita rasa bumbu rempah-rempah yang kuat, kacang merah, kubis, brokoli, bawang, dan minuman berkafein seperti teh dan kopi.

Untuk tindakan pencegahan, Anda dapat menyendawakan bayi setelah menyusui. Bayi masih belum dapat bersendawa dengan sendirinya, sehingga ia membutuhkan bantuan Anda. Dengan menyendawakan bayi setiap sesi menyusui usai, gelembung-gelembung udara yang terperangkap pun akan keluar dari mulut bayi Anda.

Akan tetapi, apabila bayi menunjukkan gejala-gejala seperti nada tangis bayi yang semakin meninggi, tubuh bayi terkulai lemas saat diangkat, bayi memuntahkan cairan berwarna hijau, menyusu hanya sedikit, bayi mengalam demam tinggi, dll, maka ada baiknya Anda segera memeriksakan kondisi bayi ke dokter anak.

Semoga tips mengatasi kolik pada bayi ini bermanfaat bagi Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Simak Tips Mengatasi Kolik Pada Bayi Yuk"