Bunda, Yuk Simak Cara Atasi Kudis Berikut!

No comment 164 views

Cara Atasi Kudis

Bunda, masihkah Anda merasa familiar dengan penyakit kudis? Bagi orang-orang yang tinggal di kota modern mungkin sangat jarang menemukan penyakit kulit satu ini, namun jika Anda pernah tinggal di desa-desa terpencil maka besar kemungkinan Anda akan pernah mendengar atau terkena penyakit satu ini. Dan walaupun kecil kemungkinan Anda akan terserang penyakit kudis di kota besar, ada baiknya Anda mengenal apakah kudis itu sekaligus tips cara atasi kudis.

Sebelum mengetahui cara atasi kudis, terlebih dahulu Anda perlu mengenal penyebab sekaligus gejalanya. Kudis merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh sarcoptes scabiei, yaitu jenis tungau yang hidup dan berkembangbiak di bawah permukaan kulit manusia. Ketika tungau ini hinggap di kulit Anda, ia akan menggali liang-liang yang sangat kecil menyerupai terowongan sebagai tempatnya bersarang di bawah lapisan epidermis kulit. Titik-titik kulit pada bagian tubuh yang menjadi tempat favorit bagi tungau untuk berkembangbiak adalah di daerah sela-sela jari, ketiak, pergelangan tangan, siku, pergelangan tangan, siku, sekitar payudara, bahkan di area sekitar organ intim. Sedangkan pada anak-anak dan bayi, ruam pada umumnya muncul di kulit kepala, wajah, dan leher.

Kebanyakan orang mengira bahwa kudis adalah sebutan lain dari kurap atau kadas. Walaupun tentu saja, pada kenyataannya keduanya merupakan penyakit kulit yang berbeda. Kadas adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur yang disebut dengan dermatofita.

Pada kulit yang terkena infeksi gigitan tungau umumnya akan terasa sangat gatal sebagai reaksi dari alergi tubuh terhadap protein dan feses tungau.  Lokasi tempat munculnya gatal-gatal tersebut lama kelamaan akan berubah menjadi ruam yang sangat gatal dan panas.

Untungnya kudis dapat diobati dan dicegah. Cara atasi kudis yang pertama adalah dengan memeriksakan diri ke dokter kulit dengan segera. Dokter kemudian akan memberikan resep obat berbentuk lotion atau krim.

Atau, Anda juga dapat memanfaatkan obat-obatan tradisional nan alami yang pastinya akan lebih ekonomis. Salah satunya adalah dengan menggunakan kunyit. Kunyit merupakan rempah-rempah yang memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meringankan gejala gatal-gatal sekaligus menghilangkan ruam-ruam dari kulit Anda. Sedangkan sifat antiseptik-nya dapat membantu membunuh tungau-tungau yang bersarang di bawah kulit Anda.

Selain kunyit, temu ireng juga dapat digunakan untuk menghilangkan kudis. Malah, temu ireng sangatlah sering digunakan oleh orang-orang di desa saat mereka atau buah hati mereka terkena kudis. Caranya, tumbuk 1 rimpang temu ireng yang telah dicuci bersih dan campurkan dengan minyak kelapa hingga membentuk pasta. Oleskan pasta temu ireng tersebut pada bagian kulit yang terkena kudis, bungkus dengan menggunakan kain kasa bersih. Lakukan pengobatan dengan ramuan ini secara teratur, yaitu 3 kali sehari.

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara atasi kudis. Semoga informasi ini bermanfaat, Bunda.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Yuk Simak Cara Atasi Kudis Berikut!"