Cara Melakukan Senam Atau Gerakan Untuk Ibu Hamil

Cara Melakukan Senam Atau Gerakan Untuk Ibu HamilSenam ibu hamil – Senam merupakan suatu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur. Senam biasa digunakan orang untuk rekreasi, relaksasi atau menenangkan pikiran, biasanya ada yang melakukannya di rumah, di tempat fitness, di gymnasium maupun di sekolah.

Banyak sekarang ibu hamil menggunakan olahraga senam untuk menjaga kondisi kebuggaran dan tetap fit. Untuk itulah, para ibu hamil disarankan untuk memulai senam ibu hamil yang aman dilakukan dan memudahkan proses melahirkan.

Manfaat Senam Untuk Ibu Hamil

• Ada banyak sekali manfaat senam hamil selain menjaga kesehatan tubuh, yaitu:
• Melatih teknik pernafasan untuk menghadapi persalinan.
• Melenturkan kembali otot dan sendi yang kaku karena beratnya beban yang dibawa.
• Mengurangi rasa nyeri pada pinggang.
• Membuat pikiran menjadi lebih nyaman.
• Mempermudah proses melahirkan.

Cara melakukan senam atau gerakan ibu hamil

1. Senam jongkok
Senam ibu hamil ini adalah dengan posisi punggung lurus dan pelan-pelan menurunkan badan sampai posisi jongkok, tahan 10 detik dan kembali ke posisi berdiri. Ulangi gerakan ini beberapa kali sehari memperkuat otot paha dan perenggangan otot panggul sehingga lebih memudahkan ibu hamil untuk melahirkan.

2. Senam memiringkan pinggul
Fungsi dari senam ini yaitu untuk menguatkan otot perut dan megurangi sakit pinggang.Untuk melakukan senam ini cukup dengan mengambil posisi merangkak dengan kepala sejajar punggung. Gunakan kedua tangan untuk menumpu badan. Gerakkan leher dari atas ke bawah sambil melepaskan nafas. Lakukan dengan santai selama 1 menit.
Senam sudah boleh dilakukan saat usia kandungan memasuki bulan ke 5.

3. Senam kegel
Senam kegel adalah senam perenggangan untuk menguatkan panggul ibu hamil dengan tujuan agar ibu hamil dapat melahirkan dengan mudah. Senam ini biasanya dilakukan dengan cara berbaring. Yang harus dilakukan adalah mengambil posisi terlentang yang nyaman dengan kedua kaki ditekuk. Angkat bagian perut dengan kedua tangan sejajar ke lantai. Tahan posisi ini selama 3-10 detik. Ulangi gerakan tersebut minimal 4 kali.

4. Senam dengan posisi tidur
Dengan menjeber alas yang tidak begitu keras anda bisa tidur sambil terlentang di atasnya. dengan posisi pinggang yang masih di lantai, letakan ke dua kaki di atas kursi. Setelah itu angkat bagian pantat dengan siku lengan yang dijadikan sebagai tumpuan. Kurang lebih anda bisa melakukan gerakan ini selama 1 menit di dalam 8 set latihan dengan perlahan

5. Gerakan Hands and back up train
Gerakan senam ini diawali dengan mengangkat lengan lurus di atas kepala, telapak tangan saling berhadapan. Dan tahan posisi ini selama 20 detik. setelah 20 detik Regangkan kedua lengan selebar mungkin. Lakukan gerakan ini berulang 5 kali seraca rutin

demikian artikel tentang Cara Melakukan Senam Atau Gerakan Untuk Ibu Hamil semoga bisa bermanfaat bagi anda

Baca Juga Apa Bunda Sudah Tau Cara Memandikan Bayi Yang Benar?

author
No Response

Leave a reply "Cara Melakukan Senam Atau Gerakan Untuk Ibu Hamil"