Cara Mengatasi Radang Amandel Atau Tenggorokan

Cara Mengatasi Radang Amandel Atau Tenggorokan

Cara Mengatasi Radang Amandel Atau Tenggorokan

Cara Mengatasi Radang Amandel – Radang amandel merupakan sebuah penyakit yang terjadi dikarenakan pada bagian tonsil atau juga disebut amandel mengalami peradangan bun, dan membuat bagian tersebut mengalami pembengkakan, berwarna merah dan timbulnya bercak nanas pada bagian tonsil atau amandel.

Radang amandel ini juga lebih sering menyerang anak-anak dibandingkan dengan orang dewasa lho bun. Namun demikian bukan berarti tidak mungkin sebagian kecil orang dewasa juga akan mengalami serangan radang amandel ini bun. Baca juga Yuk Ketahui Ciri – Ciri Radang Otak Pada Anak!

Penyebab yang melatarbelakangi radang tenggorokan atau amandel ini lebih sering menyerang anak-anak dikarenakan pada saat lahir ukuran tonsil atau amandel pada anak anak ukurannya kecil dan akan membesar hingga usia anak 8 atau 9 tahun. Dengan seiring berjalannya waktu, tonsil atau amandel ini juga akan dapat menyusut dengan sendirinya pada saat kehadirannya sudah tidak lagi diperlukan oleh tubuh bun. Maka dari itulah pada saat dewasa mereka tidak akan rentan mengalami penyakit radang amandel ini bun.

Amandel atau tonsil ini merupakan dua kelenjar kecil yang terdapat dibagian dalam tenggorokan yang letaknya berada dibelakang tenggorokan bun. Organ ini juga berfungsi sebagai pertahanan tubuh untuk mencegah masuknya bakteri dan virus kedalam bagian sistem perapasan. Dengan seiring dengan perkembangan usia, sistem kekebalan tubuh pada anak akan semakin kuat dan perlahan tugas amandel sebagai penangkal infeksi akan mulai tergantikan bun.

Nah, cara alami pun juga dapat bunda lakukan dirumah, cara yang satu ini tentu lebih aman meski dikonsumsi dalam jumlah yang lebih banyak untuk jangka panjang bun. Dan tentunya cara mengatasi radang amandel satu ini tidak memiliki efek samping berbahaya yang akan bunda atau anak bunda rasakan dari mengkonsumsi bahan herbal untuk meredakan dan menghilangkan tonsilitis yang dirasakan ini. Dan untuk mengetahui bahan apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk meredakan tonsilitis dari bahan alami. Yuk, mari simak dibawah ini cara alami mengatasi radang amandel atau tenggorokan yang dibawakan oleh tim katalogibu.com:

Cara Alami Mengatasi Radang Amandel Atau Tenggorokan

1. Jeruk Nipis

Pernahkah bunda mendengar bahwa jeruk nipis ini merupakan sebuah obat yang paling banyak dianjurkan untuk mengobati sakit amandel yang diderita seseorang? Rupanya obat ini bukan hanya isapan jempol belaka bun. Manfaat dari jeruk nipis memang sangat lah baik untuk meredakan pembangkakan dibagian amandel atau tonsil ini. Jeruk nipis dapat membuat peradangan dan infeksi yang terjadi dibagian tenggorokan tepat nya pada amandel akan berkurang dan akhirnya dapat sembuh. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang ada dalam jeruk nipis sama khasiatnya seperti yang terdapat dalam buah tomat yakni menjaga kekebalan tubuh bun.

Hanya saja tentunya konsumsi obat herbal ini haruslah dilakukan dengan rutin dan konsisten. Sebab tidak seperti obat kimia manfaat dari obat herbal biasanya akan dapat dirasakan setelah jangka panjang bun.

Adapun cara mengunakan jeruk nipis untuk mengobati sakit amandel atau tonsilitis adalah dengan menyiapkan satu buah jeruk nipis dan secukupnya kapur sirih. Cara membuatnya bisa dilakukan dengan memeras jeruk nipis dan mengambil airnya secara merata. Setelah itu baru campurkan perasan air jeruk nipis ini dengan air kapus sirih. Aduk-aduk dengan menggunakan sendok dan minum larutan tersebut secara teratur kira-kira 3 kali dalam satu hari.

2. Bawang Merah

Cara alami mengatasi radang amandel selanjutnya yaitu dengan menggunakan bawang merah bun, bawang merah ini disebut-sebut memiliki kandungan anti-inflamasi yang artinya kandungan yang ada di dalam bawang merah ini dapat meredakan rasa panas yang dialami dan peradangan yang menjadi sumber amandel membengkak bun. Yuk Baca Juga Mengetahui Gejala Amandel Secara Dini Pada Anak!

Cara mengatasi radang amandel ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan bawang merah sebagai obat alami amandel adalah dengan mengupas bawang merah dan mengunyahnya saat mentah. Lalu telan dengan perlahan. Hal ini juga akan dapat membuat bunda untuk menyembuhkan peradangan yang terjadi pada amandel bunda.

Meskipun rasa dan aroma dari bawang merah yang tidak enak di mulut bunda akan tetapi jika bahan ini baik untuk kesehatan bunda maka apalah artinya perjuangan bila kesehatan adalah hal yang bunda dambakan.

Nah, demikianlah beberapa hal yang dapat bunda lakukan untuk menangani dan menghilangkan radang amandel atau tonsillitis. Dan semoga tips dan cara mengatasi radang amandel atau tenggorokan kali ini dapat bermanfaat bagi bunda dan kita semua.

author
No Response

Leave a reply "Cara Mengatasi Radang Amandel Atau Tenggorokan"