Cara Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Bayi

Cara Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Bayi

Perawatan gigi dan mulut – Biasanya gigi bayi mulai tumbuh saat bayi berusia 5 sampai 7 bulan. Gigi yang baru tumbuh ini harus dirawat dengan baik agar tidak mudah rusak. Karena walaupun gigi ini hanya gigi susu yang keberadaannya hanya sementara, namun kesehatan gigi susu berpengaruh terhadap kesehatan gigi anak di kemudian hari. Jadi tidak ada istilah terlalu dini untuk merawat gigi dan gusi bayi, justru dengan semakin dini melakukan perawatan maka kesehatan gigi dan gusi anak anda menjadi lebih terjamin.

Berikut berberapa tips cara merawat gigi dan mulut bayi:

  • Semasa dalam kandungan

Kesehatan dan pertumbuhan gigi bayi sudah terjadi semenjak ia masih berada di dalam kandungan. Karena itu, calon ibu harus rajin mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang seimbang, terutama yang mengandung zat kapur, vitamin D, vitamin C, vitamin A, dan beberapa jenis vitamin B dan sedikit fluorida (mineral).

  • Mengenalkan pentingnya perawatan gigi

Cara yang pertama yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan gigi anak adalah dengan mengenalkan pentingnya perawatan gigi sejak dini, yakni sejak anak memiliki gigi untuk pertama kali.Kita dapat membiasakan menyikat gigi mereka dengan baik dan benar setidaknya 2 kali sehari. Jika anak kita baru mempunyai satu gigi, kita dapat memulainya dengan menggunakan kain kasa untuk membersihkan gigi mereka. Lalu, setelah tumbuh gigi-gigi berikutnya, kita dapat mengajarkan mereka menggunakan sikat gigi.

  • Penggunana botol susu dan empeng bayi

Langkah berikutnya adalah dengan meminimalisir sebisa mungkin penggunaan botol susu dan empeng bayi, terutama saat mereka akan tidur agar sisa-sisa susu tidak tertinggal di gigi dan gusi serta bentuk gigi akan tetap terjaga dari sedotan mereka yang terlalu kuat. Berilah bayi satu atau dua sendok air putih untuk ‘mencuci’ mulutnya, setiap kali bayi selesai minum susu atau cairan manis lainnya.

  • Kurangi minuman manis

Sebaiknya kurangi jumlah minuman-minuman manis, termasuk obat sirup pada anak. Jika tidak dapat dihindarkan, kita dapat memberi mereka minum air mineral untuk menetralisir mulut dan gig mereka dari sisa-sisa minuman tadi.

  • Memilih sikat gigi dan pasta gigi

Langkah yang terakhir adalah dengan membiarkan mereka memilih sikat dan pasta gigi mereka sesuai selera mereka agar aktifitas menggososk gigi menjadi lebih menyenangkan bagi mereka.

Demikianlah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut bayi sejak dini. Semoga informasi tentang cara menjaga kesehatan gigi dan mulut di atas bermanfaat bagi Anda.

 

No Response

Leave a reply "Cara Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Bayi"