Cegah Kanker Dengan Mengonsumsi 8 Makanan Ini!

penderita kanker

Makanan pencegah kanker – Kanker merupakan penyakit yang banyak merenggut nyawa manusia di bumi ini. Tidak peduli usia kanker bisa menyerang siapa saja dan kapan saja, bahkan ketika masih kanak-kanak. Bagi anda yang mungkin belum mengetahui apa itu kanker, berikut sedikit penjelasan untuk Anda. Kanker adalah suatu penyakit yang diakibatkan oleh pertumbuhan tidak normal dari sel, lalu sel yang tidak normal tadi bermutasi menjadi sel kanker. Nah bagaimana sel kanker ini menyerang hingga dapat menyebabkan kematian?

Jadi setelah sel yang tidak normal ini berubah menjadi sel kanker, maka sel kanker akan berkembang biak dan menyebar ke seluruh tubuh dan menggerogoti sel-sel tubuh yang berfungsi baik hingga menjadi sel-sel yang rusak. Jika sel-sel tubuh ini rusak, maka fungsi tubuh juga akan rusak dan tentunya hal ini sangat berbahaya. Sel kanker dapat menyerang semua organ tubuh, makanya ada istilah kanker payudara, kanker otak, kanker mulut rahim, kanker kulit, dll.

Itu semua sebenarnya adalah sel kanker yang sama namun menyerang bagian tubuh yang berbeda-beda. Jika seseorang sudah terkena kanker maka sel kanker itu akan tumbuh sebanyak satu juta sel per hari nya. Untuk itu Anda perlu waspada tentang kanker ini dan yang paling penting adalah melakukan tindakan pencegahan.

Kali ini kami akan memberikan info tentang bagaimana cara mencegah kanker. Melakukan tindakan pencegahan terhadap penyakit termasuk kanker, bisa dengan cara mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan untuk menangkal potensi penyebaran sel penyakit. Mau tau apa saja makanan pencegah kanker? Ayo langsung simak di sini daftarnya!

1. Bawang Putih

Ternyata bahan makananyang sering digunakan untuk bumbu ini mengandung antioksidan tinggi yang berfungsi untuk menangkal sel kanker.

2. Bayam

Selain memiliki karotenoid, bayam juga mempunyai kandungan untuk melawan sel kanker.

3. Berry

Buah yang satu ini mengandung anthocyanin. Anthocyanin adalah suatu senyawa yang dapat menolong tubuh kita untuk memperlambat proses penuaan, dan melindungi  tubuh dari penyakit jantung dan kanker.

4. Dark Chocolate

Anda mungkin terkejut bahwa coklat dapat mencegah kanker. Ya coklat mengandung antioksidan tinggi yang bisa mencegah sel kanker menyerang tubuh. Namun coklat yang dimaksud ini adalah dark coklat yang rasanya lebih pahit dari coklat-coklat biasanya. Jadi pilihlah dark chocolate untuk dikonsumsi sebagai upaya perlindungan terhadap kanker.

5. Jeruk

Jeruk juga memiliki kandungan yang bersifat sebagai penyerang sel kanker, karena selain mengandung vitamin C, kanker juga mengandung asam folat yang berperan untuk anti kanker.

6. Tomat

Makanan pencegah kanker yang berikutnya adalah tomat. Buah  yang satu ini sangat kaya akan antioksidan yang menjadi kandungan utama untuk melawan kanker. Anda bisa mengonsumsinya dengan mengolahnya menjadi jus atau langsung dimakan dalam bentuk buah segar.

7. Teh

Nah kalau yang satu ini sering kita konsumsi sebagai minuman. Ya, teh merupakan salah satu pencegah kanker. Terutama jenis teh hijau/green tea. Teh hijau sangat ampuh  dalam mencegah kanker payudara, kanker kulit, dan kanker kantung kemih.

8. Brokoli

Sejatinya semua sayuran seperti kembang kol, kubis, kale, dan brokoli mengandung senyawa yang mampu melawan kanker. Tapi, brokoli adalah satu-satunya yang banyak mengandung sulforaphane. Sulforaphane sendiri adalah senyawa yang mampu menaikkan enzim pelindung tubuh dan mengeluarkan zat-zat berbahaya pemicu kanker. Brokoli bagus untuk melawan kanker payudara, hati, paru-paru, prostat, kulit, perut, dan kandung kemih.

Demikianlah sederet daftar makanan pencegah kanker yang bisa sampaikan kepada Anda. Semoga bermanfaat dan selalu waspada terhadap segala jenis penyakit, lakukan tindakan pencegahan yang tepat

author
No Response

Leave a reply "Cegah Kanker Dengan Mengonsumsi 8 Makanan Ini!"