Deteksi Dini Gangguan Mata Buah Hati

No comment 1174 views

Deteksi Dini Gangguan Mata Buah Hati

Bagaimana kesehatan mata indah si Kecil, Bu? Umumnya, bayi sehat memiliki fungsi mata yang bekerja dengan baik mulai dari keseimbangannya, kesejajarannya, hingga performa otot-otot mata yang kuat. Namun, Ibu perlu mewaspadai beberapa masalah mata yang dapat mengganggu penglihatan bayi sehat dan berisiko menimbulkan kerusakan permanen.
Sebagian besar gangguan tersebut tak bisa dideteksi secara manual oleh mata telanjang dan harus melalui pemeriksaan medis oleh dokter ahli. Nah, sekarang tak ada salahnya Ibu mengenali berbagai gangguan mata yang sering menyerang bayi sehat, seperti berikut ini:
1. Amblyopia
Gangguan kesehatan ini sering juga disebut dengan mata malas. Amblyopia biasanya terjadi karena mata tidak memiliki keseimbangan satu sama lain yang disebabkan oleh berbagai hal, seperti katarak, kelopak mata menurun, atau karena luka. Untuk mencegah bayi sehat mengalami hal ini, Ibu perlu mengajak si Kecil melakukan pemeriksaan ke dokter ahli secara berkala.
2. Ptosis
Ptosis ini sering juga disebut dengan kelopak mata menurun. Gangguan yang banyak terjadi pada bayi sehat ini diakibatkan oleh melemahnya otot yang berfungsi untuk mengangkat kelopak mata. Ketika otot ini melemah, maka kelopak mata akan menurun sehingga si Kecil selalu tampak terpejam. Hal ini bisa terjadi pada 1 mata saja atau pada 2 mata sekaligus dan berisiko menyebabkan gangguan yang lebih parah seperti amblyopia.
3. Strabismus
Strabismus lazim juga disebut dengan mata juling. Di antara jenis gangguan mata pada bayi sehat, strabismus ini paling mudah dikenali karena Ibu bisa melihat bola mata yang tidak sejajar satu sama lain. Penyebab penyakit ini adalah adanya ketidakseimbangan otak ketika mengoordinasi mata atau bisa juga karena katarak.
Saat baru lahir, si Kecil memang masih belum dapat memfungsikan matanya dengan maksimal. Hal ini terlihat dari kelopak mata yang tak terbuka dengan sempurna atau bola mata yang tidak sejajar. Akan tetapi, memasuki usia 4 bulan umumnya bayi sehat sudah bisa memaksimalkan fungsi matanya.
Nah, agar bisa mendeteksi ada atau tidaknya gangguan mata pada bayi sehat, konsultasi secara rutin dengan dokter ahli sangatlah diperlukan. Selain itu, lindungi juga mata si Kecil dengan mencukupi asupan nutrisi dan menjauhkannya dari polusi serta benda-benda yang membahayakan. Jaga kesehatan mata si Kecil tersayang ya, Bu!

author
No Response

Leave a reply "Deteksi Dini Gangguan Mata Buah Hati"