Eits, Bolehkah Ibu Hamil Kerokan?

No comment 382 views

 bolehkah ibu hamil kerokan

Gejala influenza, atau yang lebih kerap dikenal dengan masuk angin dapat terjadi pada siapapun, baik pria, perempuan, tua, muda, bahkan pada ibu hamil. Dan seperti penderita masuk angin yang lainnya, Anda akan mengalami berbagai macam gejala masuk angin yang sangat mengganggu seperti tubuh meriang, perut kembung, mudah kelelahan, diare, dan gejala masuk angin yang lain. Dan salah satu metode pengobatan masuk angin yang paling terkenal adalah kerokan. Akan tetapi, bolehkah ibu hamil kerokan?

Sebagian dari Anda mungkin benar-benar berpikir ulang untuk melakukan kerokan pada saat hamil. Hal tersebut sangatlah wajar karena memang kehamilan merupakan hal yang sangat rentan, sehingga aktivitas sekecil apapun yang terlihat harmless justru dapat menyebabkan masalah-masalah kehamilan yang membahayakan ibu dan janin. Dan apakah kerokan menjadi salah satunya, dan bolehkah ibu hamil kerokan?

Dan sadly, jawabannya adalah tidak. Alasan tersebut muncul dari prinsip kerokan sendiri yang menimbulkan peradangan pada permukaan kulit. Peradangan tersebut dapat terlihat dari goresan-goresan memerah yang terdapat pada permukaan kulit selama proses pengerokan. Pada ibu hamil, terjadinya peradangan dapat memicu resiko pecahnya pembuluh darah kapiler sehingga mengakibatkan pendarahan.

Efek lain dari peradangan yang timbul dari kerokan adalah reaksi dari tubuh yang dapat memicu terjadinya kontraksi dini. Untuk melindungi ancaman dari dunia luar, tubuh manusia memiliki berbagai macam sistem pertahanan diri. Salah satunya adalah sel cytokines, yaitu sel yang dikeluarkan oleh tubuh sebagai reaksi dari peradangan yang terjadi akibat kerokan. Sel tersebut kemudian akan melepaskan hormon prostaglandin, dimana hormon ini kemudian akan memicu kontraksi dini. Dan sebagai efek dari kontraksi dini tersebut adalah bayi lahir prematur atau Anda akan mengalami keguguran.

Lalu, apabila kerokan menimbulkan efek yang sedemikian berbahaya bagi kehamilan, apa yang harus dilakukan oleh ibu hamil untuk meredakan masuk angin? Cukup mudah kok, Bunda. Alih-alih menjadikan kerokan atau mengkonsumsi obat yang memiliki potensi mengganggu kehamilan, Anda dapat menghilangkan gejala masuk angin dengan mengkonsumsi sup hangat, mengoleskan minyak kayu putih, meminum air putih hangat, dan jangan lupa untuk menjaga temperatur tubuh agar tetap stabil dengan menggunakan baju hangat saat udara dingin dan mengenakan selimut saat tidur. Dengan demikian, Anda dapat terbebas dari masuk angin tanpa menimbulkan efek yang tidak diinginkan.

Jadi Moms, jawaban dari bolehkah ibu hamil kerokan adalah tidak, karena kerokan dapat memicu terjadinya kelahiran prematur maupun keguguran. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

author
No Response

Leave a reply "Eits, Bolehkah Ibu Hamil Kerokan?"