Gangguan Kesuburan : 7 Penyebab Wanita Susah Untuk Hamil!

penyebab susah hamil – Setiap pasangan yang sudah menikah tentunya ingin sekali memiliki keturunan atau buah hati, namun memang tidak semua pasangan memiliki keberuntungan dengan memiliki buah hati, hal ini disebabkan beberapa faktor. Gangguan kesuburan tentunya yang menjadi faktor utama sehingga seorang wanita menjadi sulit hamil. Untuk lebih detail mengetahui apa saja penyebab susah hamil pada wanita, mari simak ulasan kami berikut ini!

Kami akan mengulas 7 faktor utama penyebab susah hamil  yang penting untuk diketahui :

1. PCOS (Polystic Ovarium Syndrome)

Penyebab kemandulan yang pertama adalah Polystic Ovarium Syndrome, ini merupakan kondisi di mana ada sel yang tidak normal pada ovarium polikistik, ini yang menyebabkan terjadi produksi hormon androgen yang mempengaruhi ketidaksuburan pada seorang wanita. Kondisi PCOS ini bisa disebabkan oleh faktor turunan atau bisa disebabkan oleh produksi hormon insulin dalam darah yang terlalu tinggi. Jika sudah parah maka wanita bisa beresiko untuk menyebabkan wanita tidak mengalami haid setiap bulannya.

2. Terjadi Menopause Dini

Menopause adalah keadaan saat ovarium atau indung telur tidak lagi bisa menghasilkan sel telur, tentu saja hal ini menyebabkan tidak akan terjadi pembuahan, karena sperma harus bertemu sel telur untuk terjadinya pembuahan bakal calon bayi. Ketidakmampuan untuk menghasilkan sel telur ini juga disebabkan karena folikel yang ada di ovarium sudah habis, sehingga menyebabkan siklus haid menjadi terhenti.

3. Rusaknya Saluran Telur

Hal lain yang menjadi penyebab susah hamil adalah tersumbatnya pada saluran tuba karena terjadi peradangan, sehingga perjalanan sel telur akan berhenti sebelum bertemu dengan sel sperma, sehingga tidak mungkin terjadi pembuahan.

4. Kerusakan Ovarium

Ovarium bisa rusak jika pernah mengalami operasi pembedahan kista pada ovarium, sehingga terjadi pembantaian folikel yang diperlukan ovarium untuk menghasilkan sel telur seperti pada poin nomor 2.

5. Gangguan Kelenjar Tiroid

Gangguan penyebab mandul ini ada karena kelenjar tiroid bekerja secara tidak normal, jika tiroid terlalu aktif maka akan menyebabkan kurangnya kesuburan wanita.

6. Pola Hidup Tidak Sehat

Kebiasaan mengonsumsi obat-obatan, alkohol, dan merokok sangat berpengaruh untuk kesuburan wanita, karena zat-zat tersebut bisa menjadi zat beracun yang merusak sistem reproduksi.

7. Bingung dengan Siklus Menstruasi

Masih banyak wanita yang kurang paham dengan siklus menstruasinya sendiri, Kita diajarkan bahwa siklus menstruasi berlangsung 28 hari, namun kenyataannya setiap wanita memiliki panjang siklus menstruasi yang berbeda-beda. Umumnya ovulasi terjadi 2 minggu sebelum menstruasi datang, karena itu penting agar setiap wanita memonitor siklus mensturasinya sehingga mengetahui masa suburnya dan kapan waktu yang tepat untuk memulai program kehamilan.

Itulah 7 poin utama penyebab susah hamil pada wanita, semoga ini menjadi panduan dan bisa menjadi bahan kewaspadaan bagi Anda yang ingin berencana menjadi ibu hamil yang tentunya sehat dan bisa mendapatkan keturunan dengan kondisi yang baik dan sehat. Baca juga yuk artikel mengenai ibu hamil kami yang lainnya di katalogibu.com, klik link-link kami di bawah ini dan dapatkan cara hidup sehat, makanan sehat, dan ibu hamil yang terbaik dan terpercaya dari kami!

Program Bayi Tabung, Aman kah?

Sulit hamil? Baca Cara cepat hamil ini!

Tanda -Tanda Kehamilan Palsu Yang Wajib Bunda Ketahui!

author
No Response

Leave a reply "Gangguan Kesuburan : 7 Penyebab Wanita Susah Untuk Hamil!"