Gejala Dan Cara Mengobati Rubella Pada Ibu Hamil

cara mengobati rubella pada ibu hamilCara Mengobati Rubella pada Ibu Hamil – Rubella atau yang lebih dikenal dengan sebutan campak Jerman sebenarnya merupakan penyakit yang tergolong ringan, Moms. Namun untuk wanita hamil yang menderita campak Jerman, penyakit ini bisa menyebabkan kerusakan yang cukup serius pada calon bayi, lho. Itulah sebabnya setiap calon ibu harus melakukan tes darah untuk memeriksakan kekebalan tubuh terhadap virus rubella.

Dan karena gejala yang ditimbulkan oleh rubella tidak terlalu spesifik, menyebabkan penderitanya cukup sulit membedakan rubella dengan penyakit yang lainnya. Biasanya dari awal penularan, gejala penyakit rubella baru akan terlihat sekitar 12 hingga 23 hari setelahnya, Moms. Beberapa gejala yang dapat Anda perhatikan adalah, demam ringan, malaise, sakit kepala, pembengkakan kelenjar getah bening, nyeri sendi hingga hidung tersumbat.

Ruam yang muncul akan berlangsung selama beberapa hari. Dan biasanya ruam pertama kali muncul di area wajah yang akan menyebar ke bagian lain di tubuh. Rubella akan mudah menular jika ruam sudah mulai meletus, Moms. Infeksi yang ditularkan karena virus rubella ini sebenarnya tak terlalu berbahaya, kok. Namun Anda tetap perlu mewaspadainya dengan mengambil imunisasi terhadap virus rubella, lho, Moms.

Virus rubella dapat mempengaruhi organ bayi yang belum lahir dan menyebabkan kecacatan yang cukup serius, seperti katarak, tuli, penyakit jantung, paru-paru hingga kelainan otak. Bahkan apabila kehamilan Anda baru memasuki trisemester pertama, virus rubella meningkatkan risiko keguguran, lho, Moms. Dan risiko menurun setelah Anda memasuki masa kehamilan di atas 20 minggu pertama. Namun tidak perlu cemas, Moms, karena ada cara mengobati rubella pada ibu hamil, kok!  Baca juga: Inilah Gejala TORCH Pada Anak-Anak Sekaligus Dampaknya

  • Lakukan pemeriksaan darah sebelum hamil

Tes darah dilakukan untuk memeriksa sistem kekebalan tubuh calon ibu terhadap virus rubella atau campak Jerman. Jika terbukti Anda belum kebal terhadap virus rubella, mintalah imunisasi virus ini, Moms.

  • Hindari kontak fisik dengan penderita rubella

Jika Anda sebelumnya sudah mendapatkan suntikan anti rubella, bersentuhan dengan penderita campak Jerman tidaklah masalah. Tetapi jika Anda tak kebal terhadap virus rubella dan bersentuhan fisik dengan penderita rubella, sebaiknya lakukan tes darah untuk mengetahuinya.

  • Konsultasi dan minta saran dokter kandungan

Seandainya Anda sudah aman dari virus rubella, Anda tetap perlu melakukan konsultasi dengan dokter kandungan. Hal ini dikarenakan tidak ada pengobatan yang terbukti efektif untuk mencegah penularan dan perkembangan sindrom rubella bawaan, Moms.

Nah, setelah Anda mengetahui cara mengobati rubella pada ibu hamil, sebaiknya jangan lupa untuk melakukan konsultasi dengan dokter kandungan secara rutin, ya, Moms?

author
No Response

Leave a reply "Gejala Dan Cara Mengobati Rubella Pada Ibu Hamil"