Hati-hati! Jenis Sayuran Ini Dapat Membahayakan Kesehatan Anda.

Sayuran sehat

sayuran yang membahayakan kesehatan – Untuk menjaga kesehatan tubuh tentunya kita harus mengonsumsi banyak varian jenis makanan. Tidak hanya karbohidrat, protein, dan lemak saja, tetapi juga harus seimbang dengan kandungan vitamin, serat dan mineral. Sebagai upaya dalam memenuhi kandungan vitamin dan serat, maka kita harus mengonsumsi buah dan sayur-sayuran. Namun tahukah anda bahwa ada sayuran yang dapat membahayakan kesehatan tubuh anda?

Membahayakan di sini bukan berarti sayuran itu tidak dapat dikonsumsi sama sekali, tapi yang dimaksud adalah kita harus berhati-hati untuk tidak mengonsumsi sayuran itu terlalu banyak atau terlalu sering, lalu kita juga harus mengerti kandungan dalam sayur itu apakah sesuai dengan kondisi tubuh kita, karena ada orang-orang dengan kondisi tubuh tertentu yang tidak bisa menerima segala jenis kandungan yang terdapat dalam sayuran tertentu.

Seperti contohnya untuk para penderita PGK (Penyakit Ginjal Kronis) tidak disarankan untuk mengonsumsi sayuran-sayuran hijau. Hal ini disebabkan karena pada sayuran hijau terdapat kandungan kalium tinggi yang berfungsi sebagai penjaga keseimbangan garam/Natrium dan cairan dalam tubuh, sedangkan pada kondisi penderita PGK ginjalnya sudah tidak bisa berfungsi untuk mengatur kadar kalium dalam tubuh.

Jadi jika penderita PGK mengonsumsi sayuran hijau maka kandungan kalium akan menumpuk secara berlebihan dalam tubuh. Ada juga sayuran yang berbahaya jika anda tidak mengolahnya dengan benar dan memasaknya kurang matang.

Apakah anda ingin mengetahui jenis-jenis sayuran lain yang berpotensi berbahaya bagi tubuh tersebut? Ayo langsung simak saja ulasan berikut ini mengenai sayuran yang membahayakan kesehatan.

Sayuran yang berbahaya bagi tubuh

  1. Kale

Kale adalah sayuran yang sering dikonsumsi oleh orang-orang di Amerika dan bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Namun tahukah anda bahwa kale adalah jenis sayuran goitrogenik, ini adalah jenis sayuran yang dapat menyebabkan gondok dan mengandung oksalat. Namun hal ini tidak akan berdampak apa-apa jika Anda tidak memiliki masalah dalam kalenjar tiroid dan ginjal.

  1. Labu

Sayuran satu ini dikenal memiliki banyak kandungan pestisida yang pastinya bisa menjadi racun untuk tubuh kita.  Labu juga sama seperti kale yang mengandung oksalat yang pastinya berbahaya bagi penderita PGK.

  1. Terong

Sayuran yang satu ini berbahaya bagi mereka yang menderita penyakit saraf. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan solanin yang berbahaya bagi penderita penyakit syaraf. Selain itu ternyata terong juga mengandung oksalat. Jadi disarankan bagi penderita gangguan pada empedu dan ginjal untuk tidak mengonsumsi sayuran ini.

  1. Paprika

Alkaloid dan Solanin adalah kadungan utama dalam sayuran ini. Dan kedua zat itu dapat membahayakan tubuh karena dapat menyebabkan tubuh dapat berkedut, kejang, dan gemetar. Selain itu untuk orang-orang yang memiliki masalah pada persendian seperti artitis rematoid dan osteoartritis juga tidak dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran ini.

  1. Jagung

Kita pasti sangat mengenal jagung, apalagi jagung itu dibakar dan dikonsumsi saat udara dingin atau berada di tempat yang dingin maka semakin nikmatlah jagung itu. Namun ternyata Jagung adalah salah satu tanaman yang sering menjadi objek untuk penelitian modifikasi genetik. Sehingga jika kita memakannya maka jenis gen baru yang ditanamkan pada jagung itu bisa berpotensi berbahaya di dalam tubuh kita, karena tubuh kita mungkin tidak dapat menerima kandungan zat yang ada pada gen baru tersebut.

  1. Bayam

Bayam ternyata juga mengandung oksalat yang bisa menyebabkan batu ginjal sehingga tidak disarankan untuk terlalu sering memakan bayam apalagi bayam juga termasuk sayuran yang mengandung pestisida.

  1. Timun

Kalau sayuran yang satu ini mengadung kandungan zat kimia berupa lilin sintetis sehingga tidak baik untuk masuk ke dalam tubuh kita. Timun juga dikhawatirkan mengandung 35 % pestisida.

8. Jengkol

Ternyata sayuran yang sering dimakan oleh banyak orang ini juga termasuk dalam kategori sayuran berbahaya untuk di konsumsi, karena mengandung asam jengkolat yang akan menyebabkan anda keracunan sat mengkonsumsinya dalam keadaan mentah, akan tetapi juga tergantung pada seseorang yang rentan terhadap asam jengkolat.

Itulah daftar mengenai sayuran yang membahayakan kesehatan, Anda harus bijak dalam mengonsumsi sayuran, meskipun sayuran dikenal sangat baik untuk kesehatan namun ternyata ada faktor-faktor luar yang menyebabkan sayuran itu memiliki kandungan yang berbahaya seperti pestisida dan rekayasa genetik oleh penelitian, dan tentunya bagi anda yang memiliki penyakit tertentu yang tidak bisa sembarangan dalam mengonsumsi sayuran.

Pilihlah sayuran yang baik untuk kesehatan tubuh anda dalam arti yang sesuai dengan kondisi tubuh anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika anda ingin mengetahui artikel kesehatan lainnya ayo jangan ragu untuk kunjungi link-link lainnya di sini.

Jenis – Jenis Sayuran yang Cocok untuk Jus Anak

8 Manfaat Brokoli untuk Tubuh Si Kecil

author
No Response

Leave a reply "Hati-hati! Jenis Sayuran Ini Dapat Membahayakan Kesehatan Anda."