Bahaya Penyakit Vertigo & Cara Mengatasinya!

No comment 651 views

vertigo

penyakit vertigo – Anda pasti pernah mengalami pusing atau sakit kepala, mungkin karena Anda kelelahan, atau karena terlalu banyak membaca dan menatap layar elektonik, atau mungkin penyakit migrain yang biasa dikenal dengan sakit kepala sebelah. Sakit kepala atau pusing memang banyak jenisnya namun ada satu jenis sakit kepala yang paling berbahaya dan bahkan dapat mengancam nyawa lho! Yah Anda mungkin pernah mendengar sakit kepala yang satu ini, namanya adalah vertigo. Apa itu penyakit vertigo? Ini adalah jenis sakit kepala yang bisa muncul dan pergi di waktu yang cepat dan sangat menyakitkan.

Orang yang terkena penyakit vertigo akan mengalami sensasi gerakan seakan-akan lingkungan sekitar ini berputar. Jika vertigo terjadi pada ibu hamil tentunya akan sangat berbahaya, karena jika sudah mulai goyah, bisa jadi ibu tersebut jatuh tersungkur dengan kondisi yang berbahaya, misalnya kepalanya terhantam lantai atau tembok dan lain sebagainya. Yang lebih bahaya adalah jika wanita hamil tiba-tiba terkena vertigo pada saat duduk lalu mendadak berdiri, ini akan membuat aliran darah pada kaki akan terhambat mengalir ke jantung dan otak.

Gejala vertigo yang akan muncul adalah sebagai berikut:

  1. Kepala tiba-tiba pusing dan seakan-akan berputar
  2. Terasa mual dan ingin muntah
  3. Tubuh menjadi berkeringat dingin
  4. Gerakan mata menjadi tidak normal
  5. Telinga berdengung
  6. Penglihatan terganggu
  7. Badan tiba-tiba menjadi lemas
  8. Mendadak sulit berbicara
  9. Kaki sulit untuk digerakkan

Penyebab vertigo adalah karena terganggunya keseimbangan tubuh yang terdapat pada organ telinga bagian tengah dan mata. Kemudian vertigo juga disebabkan karena otak kekurangan oksigen. Penyakit vertigo juga bisa terjadi karena faktor lain seperti stress yang menyebabkan saraf menjadi terlalu tegang, mabuk darat atau mabuk laut. Penyebab lain adalah mengonsumsi obat-obatan yang mempunyai efek samping mempengaruhi saraf.

Penyakit vertigo ternyata bisa berakibat sangat berbahaya karena bisa mengancam nyawa, sehingga betul-betul harus diwaspadai. Jika sudah mulai terasa pusing tiba-tiba dan mulai mengalami gejala vertigo yang sudah dijelaskan di atas, maka segera lah untuk mencari tempat untuk berbaring dan memejamkan mata sehingga dampaknya bisa berkurang sampai hilang. Kemudian waspadai dalam mengonsumsi obat-obatan sehingga tidak berdampak berbahaya.

Kami memiliki  beberapa cara mengatasi vertigo, ini adalah terapi yang bisa Anda lakukan secara alami untuk menghilangkan vertigo. Yang pertama adalah coba Anda duduk dengan posisi punggung, kepala, dan pinggul yang lurus dan dengan mata yang terbuka. Setelah itu berdiri secara perlahan-lahan dengan mata tertutup. Lakukan ini berulang-ulang dan secara rutin setiap harinya. Cara yang kedua adalah dengan memiringkan posisi kepala, sehingga telinga menempel ke bagian bahu kiri maupun kanan. Lakukan ini secara bergantian sebanyak 3 x dan tahan setiap posisi selama 15 detik.

Cara mengatasi vertigo yang berikutnya adalah dengan memutar kepala dari atas ke bawah ke arah kiri dan kanan secara bergantian dan berhenti saat dagu pada posisi menempel di dada. Cara yang berikutnya adalah dengan melatih otot mata untuk melihat objek yang bergerak secara cepat.

Demikianlah ulasan dari kami mengenai penyakit vertigo dari katalogibu.com, semoga bermanfaat dan selalu waspada terhadap segala jenis penyakit ya Bunda. Silahkan kunjungi artikel kami yang lain, cukup dengan meng klik link di bawah ini!

Kenali Penyakit Lupus, Berbahaya & Belum Ditemukan Obatnya!

Talasemia, Penyakit Keturunan Yang Sangat Menyiksa!

Jangan Biarkan Osteoporosis Merenggut Masa Tua Anda, Cegah Sejak Dini!

author
No Response

Leave a reply "Bahaya Penyakit Vertigo & Cara Mengatasinya!"