Hindari Ini saat Merawat Gigi Sehat Si Kecil

bayi tumbuh gigi

Bu, apakah gigi susu si Kecil sudah mulai tumbuh? Gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang perlu dilindungi dengan baik karena fungsinya yang krusial bagi buah hati. Oleh sebab itu, Ibu perlu memberikan perawatan bayi khusus untuk memelihara gigi sehatnya.

Di samping memerhatikan dengan baik perawatan bayi seperti apa saja yang perlu dilakukan, ada juga beberapa hal yang tak boleh Ibu lakukan. Berikut hal-hal yang perlu dihindari demi suksesnya perawatan bayi untuk memelihara gigi sehat buah hati tersayang:

  • Kurangi makanan dan minuman manis

Rasa yang manis tentu menjadi daya tarik si Kecil untuk terus mengonsumsi kudapan ini. Biasanya, rasa manis banyak terdapat pada camilan seperti roti, biskuit, dan kue kering. Tidak hanya itu, susu formula yang diberi terlalu banyak gula juga termasuk dalam minuman yang perlu dihindari buah hati tersayang.

Tentu saja kadar gula yang terlalu tinggi bisa menyebabkan giginya berlubang bahkan memicu timbulnya karies. Obesitas juga bisa mengancam si Kecil apabila ia terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman dengan rasa manis. Untuk mengimbangi hal ini, Ibu bisa melakukan perawatan bayi yang tepat seperti menyikat giginya dengan teratur setiap hari.

  • Hindari minum dengan botol

Memperkenalkan cara minum dengan gelas setelah menyapih ASI bisa menghindarkan buah hati dari bahaya sakit gigi. Meski jauh lebih praktis, meminum susu dari botol atau dot bisa meningkatkan risiko gigi berlubang dan keropos.

Selain itu, kebiasaan minum susu dari botol sebelum tidur juga tak baik karena bisa menyebabkan produksi saliva berkurang. Padahal, saliva dibutuhkan untuk melindungi bagian dalam mulut dari serangan bakteri. Namun bila si Kecil sudah terbiasa minum susu saat malam hari, pastikan Ibu mengajaknya untuk berkumur dan menyikat gigi terlebih dahulu sebelum tidur.

  • Kurangi konsumsi makanan asam

Kandungan asam yang terdapat pada kudapan buah hati juga harus dihindari karena dapat menyebabkan lepasnya mineral-mineral gigi. Selain itu, kandungan asam yang berlebihan juga bisa merusak email gigi sehingga menyebabkan gigi sensitif dan mudah berlubang. Selain asam, soda juga bisa merusak kesehatan gigi buah hati..

Nah, itulah beberapa hal yang perlu dihindari untuk merawat giginya. Memberikan perawatan bayi yang baik tentu akan membantu mengoptimalkan tumbuh kembang gigi buah hati. Memang, hal baik harus ditanamkan sejak dini ya Bu!

author
No Response

Leave a reply "Hindari Ini saat Merawat Gigi Sehat Si Kecil"