Ibu Hamil Wajib Hindari Antibiotik? Ini Alasannya

pregnancy-safe-medicines

Setiap ibu hamil tentu mengharapkan masa kehamilan yang sehat hingga masa persalinan tiba. Tapi apa bisa dikata, ada kalanya daya imunitas tubuh tidak cukup kuat terhadap virus penyakit sehingga mengakibatkan Anda jatuh sakit. Dan biasanya satu-satunya cara yang sempat terpikirkan oleh ibu hamil adalah membunuh virus atau bakteri penyakit tersebut dengan obat-obatan antibiotik. Tapi sebenarnya, tahukah Anda bahwa sebenarnya ibu hamil wajib hindari antibiotik?

 
Sebagian dari Anda mungkin tidak percaya tentang anjuran ibu hamil wajib hindari antibiotik ini. Anda mungkin sudah mengetahui bahwa ibu hamil memang tidak terlalu disarankan untuk mengkonsumsi obat jenis apapun karena dikhawatirkan dapat berdampak negatif pada kesehatan janin Anda. Karena seperti yang kita tahu, bayi Anda akan menyerap nutrisi dari makanan apapun yang Anda konsumsi, dan itu termasuk obat antibiotik.

 
Tapi penelitian terbaru yang dilakukan oleh European Lung Foundation menemukan fakta bahwa ternyata konsumsi obat-obatan antibiotik yang dikonsumsi ibu saat usia kehamilan trimester ketiga berpotensi meningkatkan resiko bayi terkena gangguan paru-paru atau mengi pada bayi.
Maja Popovic, Ph.D yang menjadi ketua penyelenggara penelitian mengatakan bahwa meningkatnya kasus mengi pada bayi disebabkan oleh paparan obat antibiotik dan obat umum seperti acetaminophen. Umumnya hal tersebut terjadi pada ibu hamil yang mengalami gangguan pernapasan selama hamil sehingga menyebabkan ibu hamil harus mengkonsumsi obat antibiotik dalam jumlah yang besar.

 
Namun sebenarnya, peneliti masih belum bisa menunjukkan kesimpulan akhir dari kasus tersebut. Mereka masih merasa curiga dengan kemungkinan adanya penyebab lain seperti adanya faktor genetik atau gangguan kehamilan yang lain. Ditambah lagi dengan tidak nampaknya efek yang sama terjadi pada kehamilan yang berada di usia kehamilan trimester pertama. Namun biarpun begitu, Dr. Popovic tetap menyarankan bagi para ibu hamil untuk tidak mengkonsumsi obat antibiotik, atau hanya mengkonsumsinya jika memang benar-benar diharuskan.

 
Yang artinya, jika Anda hanya mengalami gejala flu atau penyakit virus ringan yang lain, alangkah baiknya untuk tidak bergantung pada antibiotik dan lebih fokus pada usaha untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan bervitamin. Dengan meningkatnya daya tahan tubuh Anda, maka virus yang hinggap di dalam tubuh Anda akan terbunuh dan Anda pun akan pulih dengan sendirinya. Itu semua bisa dilakukan tanpa menggunakan antibiotik, lho.

 
Jadi, sudah paham kan mengapa ibu hamil wajib hindari antibiotik? Semoga informasi ini memberikan manfaat.

author
No Response

Leave a reply "Ibu Hamil Wajib Hindari Antibiotik? Ini Alasannya"