Ini Adalah Cara Atasi Herpes Pada Ibu Hamil

No comment 905 views

Cara Atasi Herpes Pada Ibu Hamil

Herpes merupakan penyakit yang akan terjadi pada siapapun, bahkan dalam seumur hidupnya manusia pasti akan terkena herpes sebanyak satu kali. Akan tetapi, apabila penyakit herpes tersebut menyerang seorang wanita yang berada dalam keadaan hamil, maka penyakit yang pada awalnya sama sekali tidak berbahaya tersebut dapat menimbulkan efek yang cukup fatal terhadap kesehatan bayi. Dan berhubung Anda sedang hamil, cara atasi herpes pada ibu hamil pun tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Karena salah penanganan pun dapat menimbulkan akibat yang tidak kalah fatalnya.

Lalu, bagaimanakah cara atasi herpes pada ibu hamil? Sebelum Anda mengetahui solusi dari penyakit ini, Anda perlu mengetahui bahwa herpes dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor. Yang pertama, dan yang paling umum, herpes dapat disebabkan sebagai akibat dari infeksi virus. Virus yang mengakibatkan herpes ada 3, yaitu virus Herpes Simpleks, Herpes Zoster, dan virus Varicella (yaitu virus yang mengakibatkan cacar air).

Penyebab kedua dari penyakit herpes adalah akibat dermatitis herpetiformis, yaitu kelainan kulit kronik yang ditandai dengan timbulnya gelembung-gelembung kecil berisi air yang sangat gatal. Dermatitis herpetiformis dapat timbul sebagai akibat dari reaksi intoleransi gluten.

Penyebab ketiga adalah herpes gestasional, atau herpes yang menyerang ibu hamil. Herpes gestasional juga sering disebut dengan Pemphigoid Gestasional, dan pada umumnya ditandai dengan timbulnya lepuhan atau bintik-bintik berisi cairan yang sangat gatal. Ruam tersebut bisa jadi disebabkan oleh infeksi virus herpes, tapi juga bisa diakibatkan sebagai reaksi dari autoimun atau akibat penggunaan birth control atau KB. Munculnya herpes ini tidak dapat diduga dengan pasti, walaupun tenaga kedokteran pada umumnya memperkirakan bahwa penyakit kulit ini dapat timbul kapanpun saat usia kehamilan menginjak sekitar 12 minggu ke atas.

Herpes gestasional apabila tidak segera diatasi dapat mengakibatkan berbagia macam komplikasi, dan walaupun jarang terjadi tidak ada ruginya untuk mengetahui apa saja dampak komplikasi yang meliputi:

  • Persalinan prematur
  • Bayi ikut tertular lepuhan-lepuhan, walaupun hal tersebut akan menghilang seiring dengan semakin menghilangnya antibodi ibu (yaitu sekitar 3-4 bulan)
  • Infeksi sekunder yang dapat mengakibatkan bekas luka.

Lalu, bagaimanakah cara atasi herpes pada ibu hamil? Hal pertama yang tidak boleh Anda lakukan adalah dengan berusaha melakukan pengobatan sendiri, baik dengan membeli obat-obatan tanpa resep dokter atau dengan menggunakan obat herbal. Ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan tentang penggunaan obat herpes yang tidak membahayakan janin yang ada di dalam kandungan Anda.

author
No Response

Leave a reply "Ini Adalah Cara Atasi Herpes Pada Ibu Hamil"