Ini Manfaat Pare Yang Ternyata Baik Untuk Kesehatan

Ini Manfaat Pare Yang Ternyata Baik Untuk Kesehatan

Pare adalah salah satu jenis sayuran yang disukai sekaligus dibenci oleh beberapa orang. Pasalnya, sayur yang sangat sering ditemukan sebagai komponen dari gado-gado ini memiliki rasa yang sangat pahit, sehingga tidak mengherankan jika non-penggemar makanan pahit akan menyisihkan sayuran tersebut dari piring mereka. Akan tetapi, tahukah Anda di balik rasanya yang pahit tersebut terdapat banyak sekali manfaat pare yang bisa kita petik?

  • Mengatasi Diabetes

Salah satu manfaat pare yang paling utama adalah mengatasi penyakit diabetes mellitus. Terutama bagi para ibu hamil, penyakit diabetes dapat menyebabkan bayi mengalami berbagai macam permasalahan kesehatan sehingga sangatlah penting untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

Sayuran pare memiliki kandungan sulfonylure, carnitine, alkaloid, dan glycosides sterols yang berperan dalam membantu menetralkan kadar glukosa di dalam darah. Konon, metode pemberian pare terhadap penderita diabetes telah dianjurkan oleh para dokter di India. Wajib dicoba nih, Moms.  Baca juga: Bunda, Yuk Simak Perkembangan Janin Usia 8 Minggu

  • Membantu Membersihkan Darah

Manfaat lain dari pare adalah sebagai pembersih darah. Selain itu, pare juga memiliki fungsi untuk meredakan gejala gatal-gatal yang diakibatkan oleh adanya infeksei pada sel-sel darah. Para dokter ahli menyarankan untuk mengkonsumsi pare secara rutin, baik dimakan dalam bentuk sayur maupun diolah dalam bentuk jus agar proses detoksifikasi darah berlangsung lebih maksimal.

  • Mencegah Pertumbuhan Sel-Sel Kanker

Tanpa diduga, sayuran pare ternyata juga memiliki manfaat dalam mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Agar dapat berkembangbiak, sel-sel kanker membutuhkan asupan zat gula atau glukosa yang cukup. Dan kandungan zat di dalam pare memblokade serta mengunci glukosa di dalam tubuh sehingga tidak dapat diserap oleh sel-sel kanker. Dengan menghilangnya satu-satunya asupan energi mereka, sel kanker pun perlahan-lahan akan mati dan Anda pun akhirnya dapat terbebas dari penyakit kanker.

  • Membantu Melancarkan Program Diet

Apakah Anda termasuk orang yang harus berjuang super keras agar berhasil menurunkan berat badan? Jika ya, Anda dapat mencoba untuk memasukkan pare ke dalam daftar makanan untuk diet. Pasalnya dalam secangkir pare mengandung kadar kalori sebanyak 16 kalori.

  • Membantu Memerangi Virus HIV/AIDS

Jika Anda terserang HIV, atau mungkin Anda mengenal seseorang yang saat ini berjuang melawan virus HIV, Anda dapat menyarankan kepada mereka untuk memperbanyak konsumsi pare. Pare memiliki kandungan protein alpha-momocharin atau yang disingkat dengan MAP 30 yang telah terbukti mampu membatasi perkembangan virus HIV sekaligus membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Dengan sistem imunitas yang kuat maka bukan tidak mungkin virus HIV dapat hilang secara keseluruhan.

Demikianlah beberapa manfaat pare. Mulai saat ini, yuk mulai belajar untuk mencintai sayuran pahit ini.

author
No Response

Leave a reply "Ini Manfaat Pare Yang Ternyata Baik Untuk Kesehatan"