Inilah 4 Imunisasi Untuk Ibu Hamil

No comment 1512 views

gambar7

imunisasi bagi ibu hamil – Mendengar kata – kata imunisasi tentu yang anda pikir mengenai vaksin kepada bayi ataupun balita. Padahal imunisasi juga ada untuk wanita hamil. Pemberian vaksin atau imuniasi untuk wanita hamil bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat membantu ibu untuk mencegah infeksi virus ataupun yang lainnya. Namun untuk ibu hamil digunakan vaksin khusus yaitu vaksin pasif.

Vaksin pasif yaitu vaksin yang mengandung antibodi yang memiliki manfaat untuk melawan jenis penyakit tertentu. Mengapa imunisasi pada ibu hamil menggunakan vaksin pasif ? Jawabannya adalah jika imunisasinya menggunakan vaksin aktif itu dapat berdampak buruk bagi janinnya dan dapat mengakibatkan kecacatan pada sang bayi.

Berikut adalah imunisasi bagi ibu hamil yang perlu bunda ketahui :

Imunisasi yang disarankan untuk ibu hamil

  • Influenza

Penyakit influenza sering kali dianggap enteng untuk ibu hamil. Tapi penyakit ini harus di waspadai bagi ibu hamil karena dapat menganggu kesehatan ibu dan janinnya. Pemberian vaksin influenza dapat dilakukan ketika usia kandungan memasuki trimester kedua atau ketiga.

  • Hepatitis B

Bayi yang baru lahir sangat rentan tertular virus Hepatitis B. Oleh karena itu, imunisasi hepatitis B sangat perlu dilakukan oleh ibu hamil. Imunisasi hepatitis B ini dapat dilakukan ketika kehamilan bulan pertama, kedua atau keenam.

  • Tetanus Toksoid

Imunisasi Tetanus Toksoid atau yang lebih singkatnya tetanus TT dapat mencegah terjangkitnya virus tetanus pada ibu hamil ataupun bayi yang baru lahir. Pada umumnya imunisasi ini diberikan sebelum menikah ataupun pada masa kehamilan yang dilakukan sebanyak dua kali yaitu pada trimester kedua dan empat bulan sesudahnya.

  • Meningococcal

Imunisasi meningococcal adalah imunisasi yang bermanfaat untuk mencegah penyakit radang selaput otak atau meningitis pada janin. Vaksin ini  terbuat dari bakteri meningococcal yang sduah mati dan aman bagi ibu hamil. Imunisasi ini dapat diberikan pada trimester pertama atau awal trimester kedua.

Itulaha beberapa imunisasi bagi ibu hamil yang banyak disarankan karena pemberian vaksin pada imunasasi dapat menjaga kesehatan ibu maupun bayi yang ada dalam kandungnya agar tidak mudah terserang oleh penyakit yang berbahaya. Semoga bermanfaat. Baca juga yuk artikel tentang 5 Gerakan Senam Hamil Untuk Bayi Sungsang

 

author
No Response

Leave a reply "Inilah 4 Imunisasi Untuk Ibu Hamil"