Inilah Beberapa Jenis Penyakit Kulit Yang Mungkin Belum Pernah Anda Dengar

Penyakit kulit – Organ kulit adalah organ terbesar di dalam tubuh kita, karena jika Anda bayangkan kulit itu dikupas dan diukur luasnya maka luasnya akan didapat angka sebesar kurang lebih 2 kilometer persegi untuk ukuran manusia dewasa dan beratnya sekitar 15% dari berat badan. Kulit adalah penutup atau pelindung tubuh bagian luar. Selain sebagai penutup, kulit juga mempunyai fungsi-fungsi untuk sistem kerja tubuh yang lain, misalnya:

  • Melindungi tubuh manusia dari patogen, zat kimia, sinar ultraviolet, dan gangguan fisik yang lain.
  • Kulit juga berperan sebagai alat perangsang dan penerima rangsangan karena kulit memiliki banyak saraf reseptor pada lapisan dermis yang berfungsi untuk menerima rangsangan dari luar.
  • Selain itu kulit ternyata juga berfungsi untuk mengatur suhu tubuh, jika suhu dingin maka pembuluh darah pada kulit akan menyempit untuk menurunkan aliran darah dan menghangatkan tubuh, begitu pun sebaliknya untuk suhu yang panas.
  • Kulit juga berfungsi sebagai untuk mengeluarkan kotoran melalui keringat, ini yang biasa disebut dengan sistem ekskresi.
  • Peran kulit yang lain adalah juga sebagai penyerap suplai vitamin-vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh dan kulit itu sendiri seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin K, dll

Dan masih banyak lagi fungsi kulit yang lainnya, namun organ kulit juga tidak lepas dari penyakit yang mengganggu fungsi kulit, ada juga banyak jenis-jenis penyakit kulit dari yang tidak berbahaya sampai yang berbahaya dan menyakitkan. Penyakit kulit yang sering atau biasa dialami orang banyak seperti jerawat, penyakit kulit gatal, cacar, bisul,penyakit kulit karena alergi, dll. Ada juga penyakit kulit yang berbahaya seperti kusta, herpes,atau yang lain. Namun kali ini kami akan memberikan informasi mengenai jenis penyakit kulit dan kelamin yang namanya mungkin tidak familiar di telinga Anda, simak terus ulasannya di sini!

  1. Impetigo

Penyakit kulit yang satu ini disebabkan oleh infeksi bakteri, bakteri ini adalah Staphylococcus dan Streptokokus. Jenis penyakit ini sering dialami pada anak-anak usia 2-6 tahun, jadi bakteri masuk ke dalam kulit yang kondisinya sedang terluka. Inilah yang sering orang sebut dengan kulit korengan, jadi dampak yang timbuk adalah kulit yang memerah dan berisi nanah, kemudian lama-kelamaan akan membentuk kerak yang tebal.

 

  1. Penyakit Kulit Psoriasis

Penyakit kulit yang satu ini dampaknya berupa bercak-bercak pada kulit dan disertai dengan sisik berwarna perak. Bercak di kulit ini akan terasa sangat gatal dan perih. Bercak ini biasanya timbul di bagian siku, lutut, kaki, kulit kepala, punggung, wajah dan telapak tangan atau kaki.

 

  1. Rosacea

Penyakit kulit Rosacea bisa dikenali dengan dampak yang terlihat pada kulit yaitu kemerah-merahan, hidung bengkak, dan kulit yang menebal

 

  1. Moles

Penyakit kulit ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati tumbuh dalam sebuah cluster dengan jaringan disekitarnya sehingga membentuk seperti tahi lalat yang menonjol.

 

  1. Melanoma

Kalau yang satu ini adalah bentuk ganas sel kulit yang membentuk seperti tahi lalat, namun jenis penyakit kulit ini sangat berbaya dan dapat mengancam nyawa.

Demikianlah informasi dari kami mengenai penyakit kulit yang beberapa sangat berbahaya dan mengancam nyawa, berhati-hatilah dalam setiap jenis penyakit kulit dengan mengenal gejala dan penyebabnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi pengetahuan yang berguna bagi kesehatan Anda.

Nah baca juga yuk informasi mengenai kulit lainnya, klik link di bawah ini!

Timun, Sahabat Terbaik Bagi Kecantikan Kulit!

Masalah Kulit Saat Hamil dan Cara Tepat Mengatasinya

author
No Response

Leave a reply "Inilah Beberapa Jenis Penyakit Kulit Yang Mungkin Belum Pernah Anda Dengar"