Inilah Cara Atasi Kolesterol Selama Masa Kehamilan

Inilah Cara Atasi Kolesterol Selama Masa Kehamilan

Moms, mungkin selama ini Anda menjalani gaya hidup yang terbilang cukup sehat. Anda sebisa mungkin menghindari makanan-makanan cepat saji maupun gorengan yang seringkali dijual dengan murah di pasar tradisional. Akan tetapi ketika Anda hamil, Anda mendadak terkejut melihat tes kadar kolesterol Anda mendadak melonjak tinggi. Tentu saja Anda merasa panik dan ketakutan, dan Anda sedang membaca artikel ini untuk mengetahui cara atasi kolesterol saat hamil.

Akan tetapi Anda dapat bernafas dengan lega, karena kenaikan kadar kolesterol pada masa kehamilan adalah suatu hal yang wajar. Kolesterol adalah lemak yang ada di dalam tubuh dan lemak kolesterol dalam tahap normal sangat diperlakukan bagi tubuh untuk menjaga sistem metabolisme. Dan pada ibu hamil, kolesterol sangat dibutuhkan untuk membantu menutrisi janin dan menyediakan nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan organ-organ tubuh dan perkembangan otak, sekaligus mendukung kelancaran program ASI. Akan tetapi, tetap saja kadar kolesterol yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan, dan bagaimanakah cara atasi kolesterol yang berlebihan?

Peningkatan kadar kolesterol ini tentu tidak akan menimbulkan efek yang berbahaya jika sehari-hari Anda terbebas dari masalah kolesterol. Sebaiknya jika semenjak sebelum masa kehamilan Anda telah memiliki kadar kolesterol yang tinggi, di saat itulah kadar kolesterol tersebut berbahaya bagi kesehatan tubuh. Kelebihan lemak kolesterol dapat mengakibatkan timbulnya plak-plak pada pembuluh darah dan dapat berakibat pada serangan stroke atau serangan jantung.  Baca juga: Hm, Harum! Inilah Tips Memilih Aroma Terapi Untuk Ibu Hamil

Dan ketika Anda hamil, Anda tidak akan dapat menjalani terapi obat-obatan penurun kadar kolesterol karena dikhawatirkan kandungan kadar kolesterol tersebut dapat meracuni janin. Akan tetapi, Anda dapat beralih ke gaya hidup yang lebih sehat, yaitu dengan cara meningkatkan frekuensi berolahraga, seperti renang dan berjalan-jalan ringan selama kurang lebih 30 menit, serta mengganti pola makan Anda menjadi pola makan makanan sehat.

Beberapa jenis makanan yang direkomendasikan sebagai solusi untuk merendahkan kadar kolesterol adalah sayuran segar dan buah-buahan yang tidak hanya mengandung asam folat dan vitamin-vitamin yang dibutuhkan janin, tetapi juga memiliki kadar serat dan air yang tinggi untuk membantu tubuh melarutkan lemak kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain itu diet gula dan diet makanan yang diproses juga perlu Anda lakukan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Sedangkan untuk menjamin kadar lemak LDL atau lemak baik yang dibutuhkan untuk perkembangan janin dan kesehatan metabolisme tubuh, Anda dapat beralih dengan mengkonsumsi kacang-kacangan dan buah alpukat.

Nah, semoga ulasan cara atasi kolesterol ini membantu Anda. Selamat menjalani masa kehamilan sehat.

author
No Response

Leave a reply "Inilah Cara Atasi Kolesterol Selama Masa Kehamilan"