Inilah Gejala TORCH Pada Anak-Anak Sekaligus Dampaknya

gejala TORCH pada anak-anakBagi Anda yang sedang hamil atau dalam program hamil tentu sering mendengar kata infeksi TORCH didengungkan oleh kerabat dekat Anda. Menurut mereka, Anda wajib memeriksakan diri dan mengikuti serangkaian tes di laboratorium untuk memastikan bahwa Anda bersih dari gejala penyakit TORCH. Walaupun TORCH amatlah dekat hubungannya dengan ibu hamil, ternyata infeksi parasit, virus dan bakteri ini juga dapat menyerang anak-anak. Yuk, kenali gejala TORCH pada anak-anak beserta dampaknya pada tumbuh kembang anak Anda.

Sayangnya, dapat dibilang gejala TORCH pada anak-anak sangatlah susah untuk diidentifikasi. Gejala-gejala dari infeksi penyakit ini tergolong beragam dan sangat mirip dengan gejala penyakit lain pada umumnya. Dengan kurangnya karakteristik pada gejala dari penyakit ini, maka hampir tidak mungkin untuk mengidentifikasi virus tersebut secara fisik dan satu-satunya cara adalah dengan melakukan tes kesehatan di laboratorium terdekat.

Sedangkan dampak dari infeksi TORCH pada umumnya sudah mulai terlihat ketika anak masih berupa janin di kandungan. Janin yang terkena TORCH dapat mengalami kelahiran prematur atau bahkan mengalami kematian dini (keguguran).  Baca juga: Ini Cara Atasi Infeksi TORCH Pada Ibu Hamil

Selain itu, kalaupun si bayi bertahan hingga tumbuh besar tidak jarang ia menderita berbagai macam kelainan fisik dan fungsi organ, seperti kerusakan pada mata yang mengakibatkan radang mata, telinga tuli, kerusakan jantung, pertumbuhan terhambat, gangguan syaraf pusat, kerusakan otak, keterbelakangan mental, hingga pembesaran hati dan limpa. Beberapa dari gejala komplikasi tersebut tidak semua muncul di usia bayi, bahkan ada beberapa kasus dimana gejala tersebut baru muncul ketika sang anak beranjak remaja.

Mengingat betapa fatalnya serangan infeksi ini pada tumbuh kembang bayi, maka pemeriksaan TORCH di laboratorium kesehatan adalah tindakan yang bijaksana. Pemberian obat-obatan dan suplemen akan membantu anak Anda dalam pembentukan sistem antibodi yang kuat sehingga tubuh anak Anda pun dapat memerangi virus dan protozoa penyebab TORCH. Satu hal lain yang dapat Anda gunakan sebagai metode pencegahan masuknya TORCH ke dalam tubuh anak Anda adalah dengan melatih anak menjaga kebersihan diri, seperti mencuci tangan hingga bersih dengan menggunakan sabun anti kuman setelah bermain tanah atau setelah mengelus hewan peliharaan, tidak memakan sayuran mentah yang tidak dicuci bersih dan menghindari mengkonsumsi daging separuh matang, seperti sate dan steak.

Demikianlah penjelasan mengenai gejala TORCH pada anak-anak sekaligus dampak dan solusi pengobatan dan pencegahan. Semoga membantu Anda dalam merawat kesehatan diri dan keluarga.

author
No Response

Leave a reply "Inilah Gejala TORCH Pada Anak-Anak Sekaligus Dampaknya"