Inilah Manfaat Tersembunyi Mencukur Rambut Bayi

Inilah Manfaat Tersembunyi Mencukur Rambut Bayi

Rambut bayi – Saat masih bayi, rambut terlihat tipis dan sedikit namun seiring berjalannya waktu rambut bayi tersebut akan menjadi lebat serpeti gen yang diturunkan oleh orang tuanya. Agar terlihat lebih rapi biasanya orang tua memutuskan untuk mencukur rambut bayinya, namun terkadang mencukur rambut bayi mempunyai tujuan tertentu seperti agar rambut tumbuh lebat dan sebagainya.

Sebenarnya mencukur rambut bayi memanglah memiliki beragam manfaat. Kapan waktu yang tepat untuk mencukur rambut bayi? Secara medis tidak ada kesepakatan tersendiri mengenai hal itu namun pada umumnya mencukur rambut bayi dilakukan pada minggu pertama untuk membersihkan kotoran atau bisa juga dilakukan setelah bayi berusia 3 – 4 bulan.

Apasaja manfaat yang diperoleh dari mencukur rambut bayi tersebut? berikut ulasannya untuk Anda.

Manfaat mencukur rambut bayi

1. Mencukur rambut bayi bermanfaat untuk membersihkan kotoran di kepala agar tidak menimbulkan kerak karena pada waktu bayi lahir melewati saluran yang terdapat banyak lemak dan kotoran sehingga menempel pada tubuh dan rambut bayi yang harus dibersihkan.

2. Karena rambut bayi bayi dicukur sehingga dapat mempermudah ibu memperhatikan kondisi kepala bayinya dengan baik. Jadi jika terlihat ada luka dikepala, iritasi, maupun benjolan seperti bisul akan mudah dideteksi dengan segera.

3. Dengan kepala yang bersih dan licin akan memudahkan bayi beradaptasi dengan lingkungannya dan juga dapat membantu mengurangi rasa gerah saat cuaca sedang panas.

4. Rambut yang lebat akan mempersulit saat akan melakukan perawatan, untuk itu dengan mencukur rambut bayi, ibu akan lebih leluasa untuk merawat kulit kepala bayi karena tidak ada rambut yang menghalangi. Dengan tidak adanya rambut di kepala menangani kasus biang keringat dan dermatitis seboroik akan mudah.

5. Rambut bayi yang pendek tidak akan menutupi mata sehingga mencegah gangguan pada mata. Rambut bayi yang panjang akan mengenai kornea mata sehingga dapat menimbulkan jaringan parut pada kornea mata mengalami gangguan.

Untuk mitos mengenai lebatnya rambut bayi setelah dicukur belum ada bukti secara klinis, jadi setelah rambut bayi dicukur nantinya akan tumbuh rambut baru dan sebagian  kembali seperti saat lahir. Baca juga : 5 Langkah Tepat Memotong Rambut Bayi

author
No Response

Leave a reply "Inilah Manfaat Tersembunyi Mencukur Rambut Bayi"