8 Olahraga yang Cocok Untuk Anak Usia Dini

No comment 2253 views

Olahraga untuk anak – Menjaga kesehatan harus ditanamkan pada anak sejak dini, agar anak mengetahui betapa penting dan mahalnya kesehatan itu. Jika sudah dididik dari awal untuk menjaga kesehatan, maka saat nanti beranjak semakin dewasa anak tersebut akan selalau dan terbiasa menjaga pola hidup yang sehat. Menjaga kesehatan tubuh pada anak tidak cukup hanya dengan memberinya makanan sehat, namun harus disertai pula kegiatan yang menunjang kesehahatn yang pastinya kita sudah tahu yaitu olahraga.

Orang tua harus menyadari pentingnya olahraga bagi anak, jika anak rajin berolahraga maka kondisi fisikny akan kuat dan kekebalan tubuhnya juga terjaga dengan baik. Anda mungkin berpikir kapan saya harus mulai mengajaknya untuk berolahraga. Jawabannya adalah sedini mungkin, di usia anak yang dini sekalipun anak seharusnya sudah mulai berolahraga, yang penting disesuaikan dengan kemampuan dan porsinya masing-masing.

Sekarang mungkin timbul pertanyaan lagi, olahraga untuk anak usia dini yang seperti apa yang bisa dilakukan. Nah kami di sini akan memberikan informasi bagi anda mengenai olahraga untuk anak yang cocok di usia dini. Yuk langsung saja simak tips dari kami berikut ini!

1. Berjalan dan Berlari

Olahraga satu ini sangat sederhana dan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Ajaklah anak Anda bersama-sama saat pagi hari di taman, atau di halaman rumah, atau di mana pun yang Anda rasa cocok untuk berjalan atau berlari. Jika anak berolahraga dengan kedua orang tuanya, ia akan menganggap bahwa olahraga itu penting karena diajarkan dan dicontohkan langsung oleh orang tua.

2. Bergelantungan

Anda bisa mengajaknya olahraga dengan bergelantungan di pohon atau di tempat yang memiliki pegangan untuk bergelantungan. Olahraga ini akan melatih otot tangan dan genggaman anak serta melatih tubuh bagian belakang.

3. Melompat

Gerakan olahraga satu ini juga sederhana bukan? Dengan melompat akan melatih kekuatan otot bagian kaki. Agar menyenangkan Anda bisa mengajarinya melompat dengan cara apa saja, contoh mengambil sesuatu yang letaknya lebih tinggi dari badannya, atau dengan menggunakan tali, seperti pada permainan lompat tali.

4. Menendang, Menangkap, dan Melempar Bola

Dengan melakukan olahraga ini anak akan dilatih ketangkasan dan keakuratannya. Arahkan dia untuk menendang dan melempar bola ke suatu titik tertentu. Anda juga bisa mengajarinya untuk menangkap bola. Hal ini tidak hanya melatih otot namun juga skill untuk berpikir cepat dan tanggap.

5. Bersepeda

Olahraga yang satu ini juga aman dan sesuai bagi anak, berikan padanya sepeda yang sesuai dengan ukuran tubuhnya. Ajak ia bersepeda mengelilingi jalan dengan cara yang menyenangkan.

6. Berenang

Berenang juga merupakan olahraga yang bagus dan menyenangkan bagi anak. Dengan berenang anak akan dilatih pernafasan dan staminanya, serta otot tubuh yang lain. Berenang juga bisa bermanfaat untuk menyembuhkan anak yang sakit asma, karena gerakan-gerakan dari berenang akan secara otomatis membuka ruang pernafasan menjadi lebih besar.

7. Senam untuk Anak

Kini telah banyak dihadirkan senam khusus anak, dengan senam anak bisa melatih kelenturan tubuh, kekuatan fisik dan stamina tubuh pun juga bisa terbentuk dengan baik. Gerakan-gerakan senam juga dapat melatih keseimbangan anak, supaya anak mempunyai tubuh yang kokoh dan kuat.

8. Menari

Menari bisa jadi salah satu latihan atau olahraga untuk anak Anda. Anda bisa mendaftarkannya di kelas menari, baik itu kelas tari modern ataupun tradisional. Aktivitas menari menuntut anggota tubuh anak untuk aktif bergerak, plus melatih kelenturan tubuh anak. Atau bila anak masih terlalu kecil untuk diikutkan kelas menari, Anda bisa menyetel musik yang menyenangkan di rumah dan mengajak anak menari bersama.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan kepada Anda mengenai pentingnya olahraga untuk anak dan macam-macam olahraga untuk anak yang sesuai dengan usia dini. Tanamkan pentingnya olahraga sejak dini dengan menjadi teladan secara langsung! Selamat mencoba dan tetaplah hidup sehat dan lakukan itu bersama-sama keluarga Anda semua yang tercinta, semoga bermanfaat ya.

Baca Juga:

Kesehatan Anak – Menjaga Kesehatan Anak Dengan Olahraga

5 Olahraga Pasca Melahirkan untuk Membakar Lemak

Perut Buncit Udah Gak Zaman! Ayo Berantas Dengan 3 Jenis Olahraga Ini!

 

author
No Response

Leave a reply "8 Olahraga yang Cocok Untuk Anak Usia Dini"