Ini Manfaat Luar Biasa Dari Kulit Kentang!

No comment 1550 views

Manfaat kulit kentang – Jika Anda sedang memasak kentang, apakah Anda membuang kulitnya? Namun tahukah Anda bahwa manfaat kulit kentang sangat bagus sekali bagi kesehatan. Kentang adalah salah satu sayuran yang sangat tinggi akan karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi. Tapi kulit kentang menyimpan kandungan gizi yang melampaui perkiraan Anda. Kandungan nutrisi kentang yang terkandung pada bagian kulitnya juga sangat bermanfaat bagi anak. Nah mau tahu apa saja kandungan dari kulit kentang dan manfaatnya bagi kesehatan si kecil? Yuk simak di sini ulasannya!

Ketika Anda membuang kulit kentang, maka Anda membuang sebagian nutrisinya, karena kulit kentang sangat kaya akan vitamin C, serat, kalium, zinc, zat besi, vitamin B6 dan folat. Jika dihitung maka 20 % kandungan nutrisi yang baik pada kentang adalah di bagian kulitnya. Nah sekarang Anda sudah tahu kandungan yang terdapat pada kulit kentang, lalu apakah manfaat kulit kentang bagi kesehatan anak dengan nutrisi yang terkandung di dalamnya?

Kalium

Dengan mengonsumsi 1 kentang bersama dengan kulitnya maka anak akan memperoleh kandungan kalium sebanyak kurang lebih 1600 gram kalium dalam satu hari. Kalium sangat penting bagi anak dalam menjaga kesehatan organ ginjal, jantung, sistem saraf dan otot.

Serat

Kulit kentang memiliki kandungan serat dengan jumlah 2 gram per ons. Manfaat serat tentunya Anda sudah mengetahui yaitu untuk memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh, sehingga jika Anak mengonsumsi kulit kentang maka pencernaan akan bagus dan teratur. Selain itu serat juga dapat mencegah diabetes, kolesterol, dan mengurangi resiko penyakit jantung.

Vitamin C

Ternyata kulit kentang juga mengandung vitamin C seperti pada jeruk. Vitamin C juga pastinya sudah Anda ketahui manfaatnya, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena vitamin C dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit, mencegah panas dalam, dan memelihara perkembangan otot.

Vitamin B6

Fungsi dari vitamin B6 yang terdapat pada kulit kentang adalah memelihara kinerja kardiovaskuler, sistem kekebalan dan sistem pencernaan. 1 kentang memiliki kandungan vitamin B6 sebesar 46 %.

Mangan

Kulit kentang juga mengandung mangan, apakah mangan itu? Mangan adalah kandungan yang dibutuhkan tubuh sebagai pengolah karbohidrat, kolesterol, dan protein. Jika anak mengonsumsi 1 buah kentang maka ia akan terpenuhi sepertiga kandungan mangan dalam sehari.

Folat, Zinc, dan Zat Besi

Manfaat kulit kentang bagi kesehatan masih sangat banyak, sekarang kami akan membahas kandungan folat, zinc dan zat besi dan manfaatnya bagi kesehatan anak. Zat besi sangat bermanfaat untuk membentuk hemoglobin, kemudian kandungan zinc sangat bermanfaat bagi kesehatan dan sistem metabolisme pada anak. Folat sangat baik untuk menjaga kesehatan mata bagi buah hati Anda.

Untuk menyajikan kentang bersama dengan kulitnya untuk anak Anda, maka Anda lebih baik mengolahnya dengan cara mengukusnya. Karena jika digoreng maka resiko penimbunan lemak dan kolesterol sangat besar. Anda juga bisa menyajikannya dengan margarine agar rasanya lebih enak untuk anak Anda. Kentang sangat baik untuk menjadi makanan pendamping ASI bagi si kecil karena tekstur kentang sangat lembut sehingga mudah dikunyah dan dicerna oleh anak.

Potassium

Kulit kentang merupakan sumber dari potassium. Tubuh kita membutuhkan mineral yang satu ini untuk mendukung seluruh sel tubuh agar berfungsi optimal, dimana potassium menjaga keseimbangan cairan di dalam dengan di luar sel. Potassium juga berguna untuk mengantarkan rangsangan saraf dalam kontraksi otot serta membantu jantung berdetak secara ritmis.

Demikianlah informasi mengenai manfaat kulit kentang bagi kesehatan anak, semoga bermanfaat ya Bunda!

Baca juga yuk artikel-artikel katalogibu.com yang pastinya bermanfaat bagi kesehatan anak dan bunda!

5 Manfaat Tak Terhingga Buah Jeruk untuk Anak

8 Manfaat Brokoli untuk Tubuh Si Kecil

Sejuta Manfaat Minum Susu Kedelai

author
No Response

Leave a reply "Ini Manfaat Luar Biasa Dari Kulit Kentang!"