Larangan Untuk Wanita Yang Sedang Haid

No comment 1535 views

larangan saat haidMenstruasi adalah suatu siklus yang dialami wanita dalam rentang waktu tertentu. Menstruasi muncul karena adanya hormon reproduksi yaitu FSH-Estrogen dan Lh-Progesteron. Siklus menstruasi adalah keadaan peluruhan dinding rahim yang terdiri dari darah dan jaringan-jaringan tubuh, siklus menstruasi ini terjadi setiap satu bulan secara normalnya . Pada saat menstruasi atau haid, maka akan terjadi perubahan-perubahan fisiologis pada wanita. Yang dialami wanita saat haid antara lain adalah:

  1. Perut terasa mulas, mual dan panas.
  2. Merasakan nyeri saat buang air kecil
  3. Kondisi tubuh menjadi lebih lemah
  4. Mengalami demam
  5. Sakit kepala
  6. Keputihan
  7. Emosi tidak stabil
  8. Bau badan tidak sedap
  9. Payudara bengkak dan nyeri
  10. Radang pada vagina

Karena banyak sekali gangguan yang dialami oleh wanita yang sedang haid, maka ada keterbatasan yang tidak boleh dilakukan saat wanita sedang haid. Berikut ini kami berikan informasi mengenai larangan saat haid. Ayo simak informasinya berikut ini!

Beberapa Aktivitas Yang Dilarang Saat Haid

  • Berhubungan Seks

Berdasarkan medis maupun agama berhubungan intim saat haid sangat tegas dan keras dilarang. Tapi sebenarnya apa penyebabnya? Karena darah yang dikeluarkan pada saat haid adalah darah yang kotor dengan kandungan bakteri. Sehingga apabila melakukan hubungan seks maka akan terjadi infeksi pada organ reproduksi wanita dan juga organ kelamin pria.

Tak hanya itu jika melakukan seks saat haid juga dapat menyebabkan kematian mendadak, karena pada saat haid pembuluh darah pada organ reproduksi wanita terbuka dan saat melakukan hubungan intim udara luar akan masuk ke pembulug darah dan bisa sampai ke jantung, sehingga pada akhirnya berakibat pada serangan jantung mendadak.

  • Melakukan olahraga dengan intensitas berat

Sebenarnya wanita haid tidak dilarang untuk berolahraga, malahan justru disarankan untuk berolahraga agar melancarkan sirkulasi darah pada saat haid. Namun janganlah berolahraga yang terlalu berat, karena sekali lagi pada saat haid pembuluh darah terbuka lebih lebar dari biasanya sehingga jika melakukan olahraga yang berat maka akan terjadi pendarahan yang tidak normal.

  • Minum minuman dingin dan mengandung soda

Pantangan yang berikut ini sebenarnya juga tidak sepenuhnya berlaku, namun sebaiknya memang tidak mengonsumsi minuman bersoda karena akan berpengaruh pada keseimbangan hormon. Selain itu wanita yang sedang haid tidak disarankan untuk meminum minuman dingin, ini dapat memperlambat keluarnya darah haid.

  • Berenang

Sama dengan poin sebelumnya, karena pembuluh darah yang terbuka, maka saat berenang ada resiko air yang bisa masuk ke pembuluh darah, apalagi jika air tersebut tidak steril malah bisa menyebabkan infeksi.

Demikianlah informasi dari kami mengenai larangan saat haid, semoga bermanfaat dan Anda bisa bijak dalam menyikapi segala sesuatu yang berkaitan dengan kesehatan Anda.

Yuk lihat juga artikel-artikel bermanfaat lainnya di sini!

Ketahui 5 Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid Berikut!

 

author
No Response

Leave a reply "Larangan Untuk Wanita Yang Sedang Haid"