Kenali 4 Gangguan Saraf Pada Bayi

No comment 285 views

Otak merupakan bagaian penting yang menjadi pusat sistem syaraf yang mengkoordinasi dan mengatur sebagian besar gerak tubuh. Dan perlu diketahui bahwa otak manusia sudah berkembang sejak berada di dalam kandungan. Untuk masa perkembangan emasnya terjadi pada bayi umur 0 sampai 2 tahun. Jika dimasa itu mengalami gangguan saraf, maka akan berakibat fatal samapai dewasa nanti. Berikut gangguan saraf pada bayi.

 

  • Hydrocephalus

Hydrocephalus adalah kondisi dimana terdapat cairan berlebih di otak. Gangguan ini biasanya terjadi sejak bayi berada didalam kandungan. Dimana gangguan tersebut disebabkan oleh adanya parasit. Beberapa parasit yang menyebakannya antara lain toxoplasma, cytomegalovirus, rubella, dan herpes simple virus. Dengan adanya gangguan ini mengakibatkan sistem koordinasi bayi menjadi lambat.

 

  • Autisme

Autisme adalah kondisi dimana terdapat kelainan dalam pengembangan sistem saraf. Hal ini disebabkan oleh hereditas yang sudah bisa dideteksi sejak bayi berusia 6 bulan. Deteksi dan penanganan lebih dini akan sangat membatu gangguan ini. Jika penderita mendapat penanganan yang pas penderita dapat mendapat terapi khusus agar bisa beradaptasi dengan normal, meskipun terapi ini harus dilakukan selama masa hidupnya.

 

  • Cerebal Palsy

Gangguan ini dapat mengakibatkan kelumpuhan pada otak bayi. Dengan keadaan ini bayi tidak dapat melakukan kegiatan sebagaimana seperti bayi normal. Ini dikarenakan perkembangan bayi lambat, baik terlambat berbicara, berjalan dan keterlambatan perkembangan lainnya. Berdasarkan penelitian gangguan ini bisa menyerang ketika hamil, persalinan dan bayi usia sampai 2 tahun.

 

Faktor yang menyebabkan gangguan ini diantaranya infeksi yang terjadi didalam kandungan, bayi yang lahir prematur, keracunan kehamilan, keracunan air ketuban, benturan bayi pada saat di kandungan maupun sudah dilahirkan, infeksi otak dan kejang berulang.

 

  • Spina Bifida

Spina Bifida adalah kelainan tulang saraf yang terjadi pada saat kelahiran. Ini merupakan gangguan yang mengakibatkan cacat berat, tatapi penyakit ini bisa dicegah. Kondisi ini biasa terjadi ketika masih berada di dalam kandungan dan mengalami perkembangan, akan tetapi tulang belakangnya tidak membentuk secara sempurna. Dalam hal ini apabila terdeteksi gangguan tersebut bisa diobati dengan cara pembedahan pada punggung bayi.

 

Itulah moms gangguan saraf yang dapat mengancam pertumbuhan bayi. Untuk itu moms harus menjaga kesehatan selama mengandung dan sering-seringlah memeriksakan kandungan moms ke dokter untuk mendeteksi lebih dini jika ada gangguan yang terjadi pada kandungan moms.

author
No Response

Leave a reply "Kenali 4 Gangguan Saraf Pada Bayi"