Kenali 6 Ciri Bayi Alergi Susu Sapi Berikut!

Kenali 5 Ciri Bayi Alergi Susu Sapi Berikut!

Bayi alergi susu sapi – Susu merupakan minuman bergizi yang sangat dibutuhkan oleh bayi, minuman ini mengandung komponen senyawa yang lengkap untuk membantu proses pertumbuhan bayi. Ibu yang memproduksi ASI sedikit biasanya memberi tambahan bayinya susu sapi atau susu formula untuk menunjang kebutuhan gizi bayi. Namun tidak semua bayi bisa menerima susu sapi karena mengalami alergi terhadap protein susu sapi.

Secara garis besar, alergi dapat dibagi menjadi dua yaitu : Alergi saluran napas yang berupa mengi, sesak, dan membengkaknya saluran napas. Ada juga alergi saluran cerna yang ditandi dengan diare yang berlendir dan lain – lain. Untuk mengenali apakah bayi alergi susu sapi atau tidak simak ulasan berikut ini.

Bagaimana Proses Alergi Terjadi

Alergi susu sapi terjadi ketika sistem kekebalan (immune system) tubuh si bayi salah dalam menilai, sehingga ia menyangka susu sapi merupakan sesuatu yang membahayakan dan ia bereaksi untuk melawannya. Ini akhirnya memicu reaksi alergi, yang menyebabkan si bayi rewel, gelisah, serta timbul gejala-gejala alergi lainnya.

Oh ya, hampir seluruh bayi yang alergi susu sapi ternyata juga alergi terhadap susu kambing dan domba. Sebagian kecil lagi juga ternyata alergi terhadap protein yang terdapat dalam susu kedelai.

Statistik juga menunjukkan bahwa bayi yang menerima ASI Eksklusif memiliki resiko alergi susu sapi yang lebih rendah dibandingkan dengan yang mengkonsumsi susu formula. Para ahli mempercayai bahwa kelainan ini berkaitan dengan keturunan dan biasanya memang akan menghilang setelah si kecil berusia 3-5 tahun.

Setiap bayi yang mengalami alergi susu sapi, respon tubuhnya berbeda – beda. Ada yang responnya cepat, respon sedang, maupun respon lambat. Namun pada umumnya ciri – ciri bayi alergi susu sapi adalah sebagai berikut :

1. Sering Gumoh atau Muntah

Bayi yang mengalami alergi susu sapi akan lebih sering gumoh atau muntah, selain itu bayi akan mudah rewel terutama pada malam hari. Sering buang air besar berupa cairan berwarna hijau serta berbau tajam. Adanya area pusar yang menonjol dan benjolan pada selangkangan dan buah zakar merupakan ciri lain bayi terserang alergi susu sapi.

2. Kulit Bayi Lebih Sensitif

Biasanya kulit bayi juga menjadi lebih sensitif dengan ditandai munculnya bintik – bintik dan bisul berwarna merah pada bagian pipi, telinga, dan sekitar mulut. Selain itu pada bagian mata, telinga juga area rambit sering terasa gatal. Telinga bayi alergi susu sapi kan mengeluarkan kotoran yang berlebih dan berbau menyengat.

3. Lidah Banyak Bercak Putih

Jika dilihat pada bagian lidahnya, bayi yang alergi susu sapi akan ditumbuhi bercak putih seperti jamur. Bibir bayi akan berwarna gelap kebiruan dibagian bawah dan bibir cenderung kering.

4. Napas Berbunyi

Napas bayi akan berbunyi dan disertai batuk pada malam hari dan pada pagi harinya akan hilang. Hidung bayi sangat sensitive sehingga sering bersin, pilek dan kotoran pada hidung menjadi lebih banyak.

5. Produksi Keringat Meningkat

Ciri – ciri lain bayi alergi susu sapi yaitu produksi keringat meningkat pada cuaca dingin sekalipun akan terlihat keringat yang umumnya di bagian dahi.

6. Mata Berair dan Hidung Tersumbat

Salah satu ciri yang bisa cepat terlihat bila anak ternyata alergi susu sapi adalah mata yang berair dan hidung yang tersumbat. Ciri ini bisa berbahaya karena menyebabkan anak sulit bernafas bila hidungnya tersumbat. Tidak diketahui bagaimana bisa gejala ini muncul tapi Anda sebaiknya waspada.

Itulah ciri – ciri bayi alergi susu sapi yang harus bunda ketahui agar segera menghentikan pemberian susu sapi setelah melihat tanda – tanda tersebut di atas. Baca juga : 4 Cara Cegah Bayi Alergi Makanan

author
No Response

Leave a reply "Kenali 6 Ciri Bayi Alergi Susu Sapi Berikut!"