Kenali Berbagai Suplemen Bayi yang Beredar

Kenali Berbagai Suplemen Bayi yang Beredar

Suplemen bayi – Pada dasarnya, hingga usia 6 bulan, bayi yang menerima ASI Eksklusif tidak memerlukan suplemen. Yang perlu diperhatikan justru pola makan sang ibu. Pastikan ibu yang menyusui mengkonsumsi makanan yang mengandung cukup vitamin B12 (untuk mencegah Anemia pada anak), zat besi (juga berkaitan dengan Anemia), seng, serta kalsium. Seandainya pun diperlukan, maka sang ibu bisa saja mengkonsumsi suplemen multivitamin-mineral. Tentu saja dengan arahan dokter.

Setelah usia 6 bulan, jika bayi Anda tidak mengalami kesulitan memakan berbagai jenis makanan dengan jumlah yang cukup untuk usianya, maka suplemen vitamin tidak diperlukan. Suplemen baru menjadi alternatif ketika si kecil benar-benar susah makan atau memiliki masalah kesehatan yang kronis. Silahkan konsultasikan dengan dokter anak Anda.

Berikut ragam suplemen bayi yang dapat di temui dengan mudah di apotik maupun di toko:

  • Suplemen herbal

Banyak ragamnya, misal, curcuma (kunyit), madu, royal jelly, serbuk sari bunga pinus. Cara kerja lerja suplemen ini membentuk, mengaktifkan sel mikrofa (sel pembunuh kuman penyakit) di tubuh. Di pasaran tersedia berbagai macam suplemen herbal dengan merek antara lain Curcuma Plus, Habbat Kid’s Honey, Chilsmart, Pine Pollen.

  • Kolostrum sapi

Suplemen bayi ini bekerja dengan cara kolostrum yang mengandung zat anti-bodi untuk membangun kekebalan tubuh terhadap kuman. Sesuai sumbernya, kolostrum sapi mengandung zat anti-bodi bagi kuman yang menyerang anak sapi. Salah satu merek suplemen bayi dan anak yang populer adalah Igastrum,

  • Multivitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral diperlukan tubuh dalam jumlah kecil tetapi teratur dan pas agar tubuh tumbuh dan berfungsi normal, termasuk memiliki ketahanan terhadap infeksi. Fungsi vitamin adalah katalis untuk metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Fungsi suplemen multivitamin melengkapi (kalau ada) kekurangan vitamin dan mineral tubuh. Produk suplemen jenis ini yang terkenal adalah Sakatonik ABC, Scott Emulsion,

  • Suplemen bakteri “baik” (Prebiotik dan Probiotik, lactosa baccilus)

Cara kerja suplemen jenis ini adalah bakteri “baik”, misalnya Probiotik yang dikonsumsi dalam keadaan hidup sehingga mencapai saluran cerna dalam jumlah cukup. Di sana ia menghasilkan asam organik dan zat lain yang sifatnya anti-mikroba sehingga meningkatkan antibodi. Produk suplemen ini yang terkenal antara lain Dencow Prebiotik, yoghurt, Yakult, dll.

Itulah ragam suplemen bayi dan anak yang dapat dengan mudah ditemukan untuk menunjang masa pertumbugan balita dan anak Anda. Semoga informasi di atas berguna dan bermanfaa bagi Anda.

No Response

Leave a reply "Kenali Berbagai Suplemen Bayi yang Beredar"