Kenali Virus Zika Yang Menyerupai Virus Demam Berdarah

Baru-baru ini ada sebuah virus yang sangat menghebohkan dunia, virus ini bernama virus Zika. Jika Anda belum pernah mendengar dan mengetahui virus ini, kali ini kami akan memberikan informasi seputar penyakit ini kepada Anda. Virus ini adalah kemunculan virus yang tersimpan pada nyamuk, pertama kali ditemukan dan didentifikasi di Uganda pada tahun 1947 pada monyet rhesus melalui jaringan pemantauan demam kuning. Virus ini selanjutnya diidentifikasi pada manusia di tahun 1952 di Uganda dan Republic Tanzania. Munculnya wabah penyakit virus zika telah direkam di Afrika, Amerika, dan Asia Pasifik.

Nah sekarang mari kita beralih pada gejala dan tanda-tanda jika seseorang terkena virus ini, jadi inkubasi dari virus zika sendiri belum diketahui secara jelas, namun kemungkinannya beberapa hari saja. Gejala-gejalanya sama dengan perjangkitan virus lainnya seperti demam ,bintik pada kulit, nyeri otot dan sendi, dan pusing kepala. Gejala ini biasanya ringan dan berlangsung selama 2-7 hari. Selama wabah virus ini di Prancis dan Brazil di 2013 dan 2015 otoritas kesehatan nasional melaporkan potensi dari komplikasi neurologis dan auto imun dari virus Zika.

Penularan virus ini adalah melalui gigitan nyamuk aedes aegypti sama seperti demam berdarah, selain itu para peneliti menduga bahwa ada penyebaran dengan cara lain seperti transfusi darah dan hubungan seks. Ada beberapa gejala khusus yang muncul jika terjangkit penyakit ini. Gejala berikut adalah demam yang sebenarnya tidak terlalu tinggi seperti pada demam berdarah, suhu tertinggi yang ditemukan hanya pada 38 derajat celcius. Memang demam cenderung naik turun seperti pada demam berdarah pula.

Gejala virus zika yang berikutnya adalah bintik-bintik pada kulit yang berbentuk makulapapular atau yang lebih familiar dijelaskan dengan ruam yang melebar dengan benjolan-benjolan tipis yang timbul. Terkadang ruam tersebut meluas dan membentuk ruam dengan warna merah tua dan kecoklatan yang mendatar dan menonjol. Selain pada kulit gejala juga terdapat pada otot dan sendi yang mengalami nyeri disertai dengan lebam dan bengkak seakan terbentur atau keseleo. Selain itu ada juga keluhan infeksi mata, dan menyebabkan mata perih dan berwarna kemerahan.

Walaupun memang belum dibuktikan sebagai penyakit yang berbahaya, namun sejauh ini memang tidak ada yang mengalami kematian oleh karena virus zika. Namun memang sudah dipastikan akan ada gangguan pada sendi, sakit kepala, bintik-bintik yang membuat kulit gatal.

Baca Juga! : Cara Tepat Mencegah Demam Berdarah Pada Anak!

Mengetahui Gejala Demam Berdarah Pada Anak, Ini Tandanya

author
No Response

Leave a reply "Kenali Virus Zika Yang Menyerupai Virus Demam Berdarah"