Ketahui Penyakit Mastitis Pada Ibu Hamil

No comment 1733 views

Ketahui Penyakit Mastitis Pada Ibu Hamilmastitis pada ibu hamilpengertian mastitis – mastitis merupakan adanya infeksi pada jaringan buah dada ibu hamil yang disebabkan oleh adanya bakteri. infeksi inilah yang dapat menyebabkan buah dada pada ibu hamil membengkak dankadangkala ada rasa nyeri. ibu hamil yang menderita mastitis payudaranya akan berwarna agak kemerah merahan dan kenaikan suhu dari kondisi biasanya. mastitis ini dapat menyebankan ibu hamil mengalami demam dan menggigil pada tubuh.

penyakit mastitis bisa saja dialami oleh semua ibu hamil yang menyusui dan kadangkala menyerang satu buah dada saja. kondisi seperti itu dapat menyebabkan lemas dan letih pada ibu hamil sehingga akan menggangu kita dalam merawat si kecil.

Penyebab Penyakit Mastitis

mastitis yang terjadi pada ibu hamil ini disebkan oleh berhentinya ASI pada saluran susu yang mengakibatkan iritasi jaringan disekitar saluran usu yang dapat mengakibatkan pembengkakan dan juga rasa yeri pada ibu hamil.

penyebab mastitis lainya yaitu karena bakteri yang ada di dalam jaringan payudara masuk ke payudara melalui saluran susu. penyakit mastitis pada ibu hamil ini memang sering dialami, tetapi tidak menutup kemungkinan diderita oleh wanita di luar kehamilan.

resiko terkena mastitis

1. wanita yang mengalami mastitis akan menjumpai konisi retak pada puting

2. tidak teraturnya pemberian ASI pada bayi dan juga tidak bisa menyusui bayi ketikan selesai melahirkan.

3. ketika olahraga yang tidak mneggunakan bra juga bisa menyebabkan mastitis lalu tidur dengan menekan payudara, ketika menyusui bayi tidur dibagian payudara

4. bisa juga karena infeksi jamur pada payudara dan juga rentan terkena gangguan defisiensi imun

pencegahan mastitis

1. berilah ASI kepada bayi agar ASI yang ada di dalam payudara tidak menyumbat, dan jika anda tidak berdekatan dengan bayi anda bisa melakukan ASI perah yang nantinya dibuat cadangan untuk bayi.

2. untuk pembersihan ASI setelah menyusui sebaiknya menggunakan kapas lalu dibilas dengan air hangat, jangan menggunakan sabun setelah menyusui. setelah itu keringkan dengan menggunakan handuk supaya tidak lembab.

3. gunakanlah bra yang bisa mneyerap keringat dan jangan menggunakan bra yang dapat menekan payudara. mastitis pada ibu hamil ini memang harus selalu diperhatikan agar pemberian ASI kepada bayi tidak terganggu.

Baca Juga Berbagai Macam Manfaat Sayuran Bagi Ibu Hamil

author
No Response

Leave a reply "Ketahui Penyakit Mastitis Pada Ibu Hamil"