Kolesterol Tinggi Saat Hamil? Bunda Perlu Mencoba Makanan Ini

Katalogibu – Ketika mendengar kata kolestrol mungkin Anda akan berpikir bahwa kolesterol memiliki pengaruh buruk terhadap kesehatan. Apalagi bagi Anda yang sedang hamil, tentu perlu mewaspadai hal tersebut terjadi. Terlebih lagi, jika kondisi kolesterol tinggi saat hamil bisa mempengaruhi kesehatan ibu dan janin.

Namun sebenarnya, kolesterol tinggi saat hamil bisa berdampak baik dan bisa juga berdampak buruk. Dikatakan berdampak baik karena kolesterol sangat dibutuhkan oleh janin, dan kadar kolesterol pada ibu hamil harus tinggi pada kisaran 190-270 mg/dl. Disisi lain kolesterol tinggi pada ibu hamil juga berbahaya bila sebelum hamil, telah mengidap kolesterol tinggi. Sebab dapat meningkatkan risiko kematian.

Untuk itu pentingnya menjaga pola makan juga dapat membantu turunkan kolesterol yang tinggi saat hamil. Lalu, makanan apa saja yang kira-kira baik untuk turunkan kada kolesterol? Simak ulasannya berikut:

  • Beras dan biji-bijian

Kedua makanan tersebut merupakan salah satu makanan dari sekian banyak makanan yang bebas akan kolesterol. Jadi mengkonsumsi beras dan biji-bijian menjadi salah satu makanan yang baik untuk dikomsumsi ibu hamil.

  • Kentang

Selain beras dan biji-bijian. Kentang bisa di katakan bebas kolesterol jika penyajiannya dengan cara di kukus alias tidak di goreng.

  • Jamur

Makanan ini bisa dibilang bebas kolesterol dan aman di komsumsi apabila dalam proses penyajiannya tidak tercampur dengan bahan yang mengandung lemak.

  • Ikan

Selain enak di makan, ikan juga mempunyai kandungan yang mampu membantu turunkan kolesterol. Adapun kandungan tersebut yakni asam lemak omega 3 yang banyak terkandung dalam air tawar.

  • Buah Anggur

Buah ini memiliki senyawa flavonoid yang berguna untuk penurunan kolesterol. Mencegah penggumpalan darah dan menangkal kerusakan akibat masuknya radikal bebas. Buah ini mengandung banyak serat dan memiliki zat catechin yang dapat turunkan kadar kolesterol.

  • Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah atau makanan yang selain enak untuk dibuat jus atau olahan lainnya, buah ini juga memiliki khasiat yang bagus untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

  • Bawang putih

Bawang putih berefek positif pada kesehatan jantung serta menurunkan kolesterol tinggi.

  • Mangga

Buah ini banyak memiliki vitamin C yang dapat mencegah kolesterol jahat teroksidasi yang membuat terjadinya plak (penimbunan) kolesterol dalam tubuh.

  • Tomat

Tomat adalah sumber likopen yang akan mengurangi kada kolesterol jahat (LDL). Tomat bisa dimakan segar, dibuat jus, atau di makan dalam bentuk sup.

Inti dari semua ini adalah, anda khusunya para ibu hamil penderita kolesterol diharuskan untuk menghindari makanan-makanan yang mengandung kolesterol. Di atas adalah makanan yang berfungsi untuk turunkan kolesterol tinggi saat hamil. Semoga bermanfaat ya bagi Bunda.

author
No Response

Leave a reply "Kolesterol Tinggi Saat Hamil? Bunda Perlu Mencoba Makanan Ini"