Jaga Jantung Dengan Makanan Sehat Berikut Ini!

No comment 1555 views

makanan sehat – Penyakit jantung adalah penyakit yang sangat terkenal sebagai pembunuh nomor 1 di dunia. Bahkan penyakit jantung ini bisa menyerang kapan saja dan tidak mempedulikan kondisi tubuh, usia, dan jenis kelamin. Penyakit jantung ada beberapa jenisnya, salah satu jenis penyakit jantung yang terkenal sangat berbahaya dan dialami oleh banyak orang di seluruh dunia adalah penyakit jantung koroner. Bagaimanakah penyakit jantung koroner itu? Jantung koroner adalah penyakit jantung yang disebabkan oleh pembuluh darah yang rusak.

Faktor yang menyebabkan penyakit jantung koroner adalah radikal bebas yang terkandung pada polusi udara, asap rokok, kadar kolesterol yang tinggi, hipertensi (tekanan darah tinggi), dan diabetes.

Baca juga –> Bahaya Tekanan Darah Tinggi

Biasanya jika orang terkena penyakit jantung koroner maka itu adalah hasil dari komplikasi dari penyakit yang disebutkan tadi. Jadi kolesterol akan menempel dan akan tertimbun dalam dinding pembuluh darah sehingga menyebabkan pembuluh darah menyempit yang pada akhirnya akan menyebabkan tersumbatnya aliran darah. Jantung akhirnya harus bekerja terlalu keras untuk memompa darah, sehingga arteri koroner akan mengeras dan menjadi semakin sempit.

Penyakit jantung koroner juga bisa disebabkan oleh karena obesitas atau kegemukan, seperti yang kita tahu bahwa kondisi badan yang terlalu gemuk pasti terdapat banyak lemak dan kolesterol. Kondisi ini tentunya sangat berbahaya, dan yang perlu diketahui lagi adalah jenis penyakit jantung tidak hanya jantung koroner saja. Ada satu lagi yang berbahaya menyerang jantung, ini bisa dikatakan bukan penyakit tapi serangan tiba-tiba yaitu serangan jantung. Jika kondisi jantung lemah maka akan beresiko besar terkena serangan ini.

sakit jantung

Penyakit jantung koroner dan serangan jantung bisa terjadi kapan saja dan bisa dipicu oleh keadaan tertentu termasuk pola hidup. Inilah beberapa gejala jantung koroner:

  • Terasa sakit dan nyeri di bagian uluh hati
  • Sering berkeringat terutama pada telapak tangan dan kaki
  • Sering merasa lelah

Biasanya orang sering salah menduga jika penyakit jantung koroner adalah angin duduk, jadi banyak yang mengira bahwa sakit di dada itu akibat angin yang masuk ke tubuh, padahal 30% dari penderita yang memeriksakan hal ini ternyata menderita jantung koroner. Pola hidup yang tidak sehat seperti mengonsumsi kolesterol terlalu banyak, kurang waktu istirahat, dan juga merokok itulah penyebab utama dari sakit jantung koroner atau lemah jantung.

Baca di sini–> Waspadalah Dampak & Bahaya Terlalu Sering Begadang !

Menjaga pola hidup salah satunya adalah dengan mengatur dan menjaga pola makan. Pola hidup yang tidak sehat juga termasuk pola makan yang tidak sehat. Ada banyak jenis makanan yang dapat memicu penyakit jantung karena mengandung banyak kolesterol yang sangat berbahaya bagi jantung.

Namun tentunya ada jenis makanan sehat untuk jantung dan kolesterol, nah di artikel kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai makanan yang sehat untuk jantung. Makanan sehat untuk jantung pada dasarnya adalah makanan yang memiliki kandungan fitonutrien yang tinggi yang berfungsi untuk memperbaiki sel yang rusak termasuk sel jantung.

Ada banyak sayuran-sayuran dan buah untuk jantung yang memiliki kandungan tersebut dan bisa menjadi makanan sehat untuk jantung koroner , kita tahu bahwa jenis jantung koroner juga menjadi jenis penyakit jantung yang juga banyak menyerang manusia dan dapat menyebabkan kematian mendadak. Nah langsung saja yuk simak ulasan berikut ini mengenai daftar makanan sehat untuk jantung.

Makanan yang baik untuk kesehatan jantung:

Yoghurt

Peneliti dari Jepang menemukan bahwa yoghurt dapat mencegah penyakit gusi. Lho apa hubungan penyakit gusi dengan penyakit jantung. Ternyata ada sambungan saraf dari susunan gigi yang langsung menyambung pada pembuluh jantung, sehingga orang yang menderita penyakit gusi dan gigi bisa beresiko untuk terkena penyakit jantung juga.

Nah, penyakit gusi ditimbulkan oleh bakteri yang berkembang pada area mulut, oleh karena itu kandungan Probiotik pada yoghurt dapat melawan bakteri yang tumbuh pada gigi, memperbaiki pencernaan dan meningkatkan kekebalan tubuh yang juga mendukung akan sehatnya kondisi jantung.

Kismis

Makanan yang berasal dari anggur ini ternyata mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi sebagai zat untuk melawan radikal bebas termasuk bakteri yang juga dapat menyerang gusi dan menyebabkan penyakit jantung.

Biji-bijian

Makanan yang berjenis biji-bijian mengandung antioksidan, fitoestrogen dan pitosterol yang tinggi sebagai zat untuk melindungi jantung dari penyakit. Selain itu biji-bijian juga memiliki kandungan serat yang tinggi untuk menurunkan kadar lemak dan kolesterol yang sangat berbahaya bagi jantung. Menurut penelitian orang yang mengonsumi makanan yang tinggi serat memiliki resiko 40% lebih rendah untuk terkena penyakit jantung daripada yang tidak mengonsumsi serat. Oleh karena itu makanan dengan kandungan serat yang tinggi adalah makanan sehat untuk diet.

Kacang Hijau

Kacang Hijau adalah makanan yang tinggi serat dan sangat ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang berbahaya bagi jantung. Selain itu kacang hijau juga mengandung nutrisi untuk melindungi jantung yaitu flavanoid. Flavanoid bekerja sebagai penghambat adhesi trombosit dalam darah, sehingga sangat ampuh untuk menurunkan resiko serangan jantung mendadak.

Ikan Salmon

Ikan yang satu ini adalah makanan sehat untuk jantung koroner. Karena ikan ini mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk menjaga kondisi jantung tetap sehat dan berdetak dengan normal serta membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Kacang-kacangan

Dengan kandungan vitamin, mineral, dan lemak tak jenuh yang tinggi kacang-kacangan sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dari resiko penyakit. Menurut penelitian jenis kacang-kacangan seperti walnut, pecan, almond, hazelnut, kacang tanah, dan pistachio akan membuat jantung lebih sehat dan kuat dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Dark Chocolate

Coklat? Mungkin menurut anda aneh jika coklat adalah makanan sehat untuk jantung, namun coklat yang dimaksud di sini adalah jenis dark chocolate yang rasanya lebih pahit dari coklat lainnya. Meskipun pahit namun coklat ini sangat menyehatkan jantung karena kaya akan flavanol yang membantu menjaga kesehatan dan fungsi pembuluh darah sehingga sangat efektif untuk mencegah tekanan darah tinggi, diabetes, dan juga ginjal

Oatmeal

Anda pasti sudah familiar dengan iklan produk oatmeal yang mengklaim baik untuk kesehatan jantung. Ini dikarenakan oatmeal mengandung serat yang mudah larut bernama beta glucan yang efektif mengurangi kolesterol total serta LDL -yang dikenal juga sebagai kolesterol jahat. Pastikan Anda memilih oatmeal yang tidak mengandung tambahan gula. Bisa juga menambahkan kacang walnut dan strawberry yang juga baik untuk kesehatan untuk dimakan bersama oatmeal.

Demikianlah informasi dari kami mengenai makanan sehat untuk jantung. Lindungi jantung Anda karena jantung adalah hidup dan mati Anda. Konsumsilah makanan yang sehat dan rajinlah berolahraga untuk lebih lagi meningkatkan daya tahan tubuh serta melatih kinerja jantung agar lebih kuat.

Baca Juga Yuk!

Usia Anak Sudah Beresiko Terkena Penyakit Jantung Lho, Waspadalah!

Jangan Biarkan Osteoporosis Merenggut Masa Tua Anda, Cegah Sejak Dini!

Olahraga Pemberantas Lemak

author
No Response

Leave a reply "Jaga Jantung Dengan Makanan Sehat Berikut Ini!"