Kulit Pisang, Jangan Dibuang!

No comment 1692 views

 

manfaat kulit pisang

Manfaat kulit pisang – Pisang adalah tumbuhan yang sangat subur tumbuh di Negara kita ini. Pisang merupakan buah yang setiap bagiannya sangat berharga dan bisa dimanfaatkan mulai dari batang, daun dan buahnya. Bahkan, akhir-akhir ini kulit pisang pun memiliki khasiatnya sendiri.

Jika Anda selesai makan pisang, jangan buang kulitnya! Sebab kulit pisang kaya akan antijamur dan antibiotik. Kulit ini juga kaya akan mineral, vitamin dan serat.

Untuk mengenal lebih jauh lagi, berikut adalah 10 manfaat kulit pisang:

1.       Obat Jerawat

Kulit pisang juga bisa dimanfaatkan untuk kondisi kulit lainnya yaitu sebagai obat jerawat. Gosokkan bagian dalam kulit pisang pada jerawat. Setelah penggunaan rutin, jerawat tidak akan lagi terlihat. Untuk mendapatkan hasil terbaik, disarankan mengoleskan kulit pisang pada jerawat baik ketika siang hari maupun di malam hari ketika akan tidur.

2.       Obat Psoriasis

Psoriasis dialami oleh banyak orang. Kulit pisang dapat dimanfaatkan sebagai obat alami untuk menyingkirkan psoriasis. Gosokkan bagian dalam kulit pisang di area yang terkena psoriasis. Awalnya area tersebut akan menjadi merah, namun dengan penggunaan secara terus-menerus akan terlihat perbedaan hasilnya.

3.       Obat Kutil

Manfaat lain dari kulit pisang adalah untuk obat kutil. Gosok bagian dalam kulit pisang pada kutil setiap malam, efeknya akan terlihat pada hari ke 7-10.

4.       Mempercantik Kulit

Untuk kulit kenyal yang indah, gosokkan bagian dalam kulit pisang pada wajah sebelum tidur. Diamkan semalam dan lihat hasilnya besok.

5.       Obat Gatal dan Iritasi

Alergi, iritasi kulit, dan memar kulit juga dapat diobati dengan kulit pisang. Jika kulit gatal, tempelkan bagian dalam kulit pisang pada area yang terkena gatal dan biarkan semalaman.

6.       Pemutih Gigi

Kulit pisang harus digosok pada gigi dengan gerakan melingkar. Jika kulit pisang digunakan setiap hari, efek pemutihan gigi akan terlihat dalam waktu sekitar dua minggu.

7.       Obat Luka

Gosok lutut dengan bagian dalam kulit pisang dan lihat efek penyembuhannya.

8.       Obat Gigitan Nyamuk

Kulit pisang bisa digunakan untuk mengurangi pembengkakan, gatal, serta iritasi yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

9.       Mengkilapkan Perak & Kulit

Sebelum digunakan, disarankan untuk melakukan pengujian dengan menempelkan sedikit kulit pisang di tempat yang tidak mudah terlihat pada aksesoris tersebut.

10.   Pupuk Kompos

Kadar kalium dan fosfor yang tinggi pada kulit pisang terbukti sangat membantu saat digunakan sebagai pupuk kompos.

11. Memperbaiki Mood

Sebagai penambah mood. Tahukah Anda bahwa kulit pisang kaya akan zat serotonin. Zat ini bertanggungjawab atas rasa bahagia dalam tubuh manusia. Dan dengan rutin mengkonsumsi kulit pisang, akan membantu Anda lebih rileks dan bahagian tentunya. Di luar negeri, smooties pisang selalu bercampur bersama kulit. Sementara di Indonesia, smoothies pisang hanya berupa daging pisang yang dihaluskan.

12. Obat Sakit Kepala

Melenyapkan sakit kepala. Caranya, cukup haluskan kulit pisang dan tempel pada bagian kepala seperti mengkompres. Dalam beberapa waktu, sakit kepala Anda akan hilang.

13. Sebagai pereda nyeri

Kulit pisang mengandung sejumlah minyak nabati juga sneyawa tertentu yang sangat baik meredam rasa nyeri. Caranya cukup mudah, tenpekan kulit pisang yang sudah dibersihkan dan juga masih dalam keadaan segar pada bagian tubuh Anda yang mengalami rasa nyeri karena terbakar atau tergores benda tajam.

Ingat-ingat ketika selesai makan pisang, jangan buang kulitnya karena masih memiliki manfaat yang sangat banyak dan juga berguna untuk kehidupan sehari-hari.

 

author
No Response

Leave a reply "Kulit Pisang, Jangan Dibuang!"