Ladies, Inilah Gejala Sekaligus Cara Atasi Hemangioma

Hemangioma

Beberapa orang seringkali terlahir dengan beberapa bercak atau benjolan di beberapa anggota tubuhnya, dan dari sanalah istilah tanda lahir atau birthmark muncul. Salah satu tanda lahir yang cukup umum ditemukan adalah hemangioma. Apakah hemangioma dan bagaimana cara atasi hemangioma?

Hemangioma adalah sebuah tonjolan dengan warna merah terang yang terdapat pada permukaan kulit yang dikarenakan adanya profilerasi, atau pertumbuhan pembuluh darah yang berlebihan. Benjolan ini pada umumnya memiliki tekstur yang kenyal dan tidak gatal. Hemangioma dapat ditemukan di bagian tubuh manapun, walaupun hemangioma seringkali ditemukan di bagian kulit kepala, punggung, dada, atau wajah. Hemangioma seringkali ditemukan pada kulit bayi beberapa bulan setelah bayi Anda lahir. Hemangioma pada umumnya akan menghilang dengan sendirinya ketika bayi berusia 5 tahun dan pada akhirnya akan memudar saat bayi menginjak usia 10 tahun. Dengan kata lain, tidak ada cara atasi hemangioma yang wajib Anda lakukan kecuali jika hemangioma tersebut semakin membesar dan mengganggu.

Gejala awal dari hemangioma adalah munculnya benjolan berwarna merah yang disebabkan oleh lapisan kulit yang terus tumbuh secara berlebihan hingga terlihat menonjol dari permukaan kulit. Namun, dalam jangka waktu tertentu, pertumbuhan lapisan kulit tersebut pun akan berhenti dengan sendirinya, dan perlahan-lahan hemangioma tersebut pun akan menghilang dengan sendirinya.   Baca juga Bunda Wajib Tahu! Inilah Manfaat Beras Merah Untuk Kehamilan

Sedangkan, penyebab dari hemangioma hingga kini belum diketahui secara pasti. Walaupun para ahli kedokteran menyimpulkan bahwa ada 2 penyebab utama dari hemangioma adalah faktor genetik dan kelahiran prematur. Sedangkan faktor unik yang nampaknya cukup berpengaruh terhadap resiko munculnya hemangioma adalah jika bayi Anda memiliki jenis kelamin perempuan. Hasil tersebut nampaknya didapatkan dari jumlah kasus hemangioma yang terjadi, yang kebanyakan menimpa bayi perempuan.

Hemangioma pada umumnya tidak menimbulkan keluhan fisik dan bahkan tumor jinak ini tidak memiliki efek negatif terhadap kesehatan. Namun, tidak jarang kehadiran dari hemangioma cukup mengganggu penampilan sehingga banyak orangtua yang meminta dokter untuk melakukan langkah-langkah pengobatan untuk menghilangkan hemangioma pada bayi mereka. Salah satu metode pengobatan yang dilakukan oleh dokter antara lain dengan mengaplikasikan kortikosteroid, obat penghambat beta berupa gel, dan Vincristine. Akan tetapi, tiap obat memiliki efek samping terhadap kesehatan sehingga ada baiknya Anda benar-benar mempertimbangkan hal tersebut sebelum mengambil tindakan pengobatan tersebut.

Demikianlah ulasan singkat mengenai gejala dan cara atasi hemangioma. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Ladies, Inilah Gejala Sekaligus Cara Atasi Hemangioma"