Ladies, Waspadai Gejala Kolesterol Berikut!

No comment 186 views

Gejala Kolesterol

Seiring dengan bertambahnya usia, sudah menjadi keharusan bagi siapapun untuk lebih memperhatikan kesehatannya. Terutama jika Anda sudah mulai menginjak usia di atas 25 tahun, Anda perlu rajin-rajin memeriksakan kadar kolesterol di dalam darah Anda untuk mencegah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, dan penyakit fatal lainnya. Dan walaupun kadar kolesterol Anda hanya dapat diketahui melalui tes darah, tubuh Anda sebenarnya telah mengirimkan sinyal-sinyal pada Anda jika kadar kolesterol Anda terlampau tinggi. Apa sajakah gejala kolesterol yang dapat Anda rasakan?

  • Nyeri Dada

Salah satu gejala kolesterol yang umum terjadi namun sering diabaikan adalah rasa nyeri yang timbul di bagian dada. Padahal, rasa nyeri tersebut merupakan pertanda bahwa jantung Anda sedang mengalami masalah akibat pasokan oksigen yang tidak mencukupi. Penyebabnya adalah karena adanya penyumbatan lemak kolesterol di dinding pembuluh darah arteri.

Apabila rasa nyeri tersebut diabaikan dan terjadi secara terus-menerus, lama-kelamaan jantung Anda akan rusak dan resiko Anda terkena penyakit jantung pun akan semakin besar.

  • Rasa Sakit Pada Kaki dan Tangan

Penyumbatan pembuluh darah akibat kadar kolesterol tinggi juga dapat terjadi di organ-organ tubuh yang lain. Jika sumbatan tersebut terjadi di area tangan dan kaki, maka Anda akan sering merasakan rasa sakit di kaki dan tangan Anda. Rasa sakit tersebut dapat berupa rasa sakit yang timbul saat Anda mengangkat suatu obyek, atau saat tangan dan kaki Anda digerakkan. Selain itu, tidak jarang Anda akan merasa kesemutan.

  • Sesak Napas dan Kelelahan

Gejala lain dari tingginya kolesterol di dalam tubuh juga bisa ditandai dengan rasa sesak dan kesulitan bernapas. Hal tersebut disebabkan karena jantung Anda bermasalah dalam mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. Sebagai akibatnya, organ-organ tubuh dan otot-otot tubuh pun mengalami defisiensi oksigen yang menyebabkan tubuh terasa lemas dan otot-otot pernapasan di paru-paru pun turut mengalami masalah.

  • Mudah Marah

Tingginya kadar kolesterol juga seringkali diiringi dengan tekanan darah tinggi, dan salah satu gejala dari tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah emosi menjadi tidak stabil dan mudah marah. Selain menjadi mudah marah, penderita kolesterol tinggi juga menjadi lebih neurotik, yaitu ia menjadi sangat mudah cemas sehingga tidak mengherankan ia sering diserang oleh panic atau anxiety attack.

Setelah mengetahui gejala kolesterol, tentunya akan sangat bijak jika Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengecek kadar kolesterol dan tekanan darah Anda. Semakin cepat kolesterol tinggi terdeteksi, maka resiko terjadinya komplikasi penyakit fatal pun dapat dihindari.

author
No Response

Leave a reply "Ladies, Waspadai Gejala Kolesterol Berikut!"