Langkah Sederhana Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Langkah Sederhana Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Kesehatan reproduksi wanita – Banyaknya penyakit membahayakan yang dialami wanita patut kita waspadai dan dicegah, namun masih banyak wanita yang kurang menjaga kesehatan alat reproduksinya. Penyakit seperti kanker serviks dan kanker ovarium yang menjadi penyebab nomor satu kematian wanita di Indonesia ini terjadi akibat kurang sadarnya akan kesehatan reproduksi wanita.

Seharusnya organ reproduksi wanita ini harus mendapatkan perhatian yang lebih namun tidak harus mahal. Tapi kebanyakan wanita dijaman modern malah mengabaikan pentingnya menjaga kesehatan alat reproduksinya dengan mempercayakan kebersihan dan kesehatan melalui teknologi canggih. Memang benar teknologi medis sekarang sudah begitu canggih tapi ada baiknya untuk kita menjaga kesehatan reproduksi wanita dari hal yang terkecil dan sedini mungkin.

Berikut beberapa langkah sederhana menjaga kesehatan reproduksi wanita yang harus Anda lakukan untuk menghindari penyakit, diantaranya :

Tips menjaga kesehatan alat reproduksi wanita

1. Jangan lupa untuk membersihkan bagian luar area V setelah buang air kecil atau air besar, dengan menggunakan air bersih. Dengan menggosok perlahan dari arah depan ke belakang.
2. Saat memasuki masa siklus datang bulan, sering-seringlah mengganti pembalut minimal 3 kali sehari terutama pada awal menstruasi yang biasanya banyak mengeluarkan darah.
3. Hindari douching atau memasukkan jari ke dalam vagina, meskipun dengan tujuan membersihkan bagian dalam vagina namun aktifitas ini akan menghilangkan bakteri loctobacili dan juga memicu iritasi kulit.
4. Jangan menggunakan sabun pada vagina karena dapat memicu iritasi kulit. Bahkan beberapa perempuan sensitif dan alergi terhadap kandungan pewangi serta busa pada sabun.
5. Hal ini mudah namun sering dilupakan oleh wanita yaitu mengganti celana dalam (CD) minimal 2 kali sehari, dan ketika Anda sedang mengalami keputihan, sebaiknya gunakan panty liner. Ada baiknya saat tidur tidak menggunakan celana dalam (CD), agar sirkulasi udara dan darah lebih lancar.
6. Kebanyakan wanita mengikuti iklan di tv dengan membeli pembersih vagina yang dijual dipasaran, sebenarnya hal ini tidak perlu karena dapat menimbulkan efek samping dan mengubah ph vagina. Memang tidak semua produk tidak baik namun produk yang sebaiknya Anda hindari adalah apabila setelah digunakan menimbulkan gatal, pedih dan kemerah-merahan.

Tips menjaga kesehatan reproduksi wanita di atas adalah bekal untuk hidup sehat, dan jika Anda menginginkan kehamilan jagalah kesehatan reproduksi Anda sedini mungkin. Baca juga : Hasil Tes Kehamilan Akurat dengan Test Pack? ini Rahasianya!

author
No Response

Leave a reply "Langkah Sederhana Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita"