Luar Biasa, Ini Manfaat Renang Untuk Kesehatan

manfaat renangHidup sehat haruslah menjadi suatu gaya hidup yang wajib dijalani, karena hidup sehat adalah modal utama dan dasar untuk menjalani kehidupan yang bahagia. Ada banyak cara untuk menjalani hidup sehat beberapa di antaranya adalah menjaga pola makan, melakukan diet, dan satu yang menjadi faktor penting adalah dengan berolahraga. Tidak perlu diragukan lagi manfaat olahraga sangat penting untuk hidup sehat, bahkan hidup sehat sangat diidentikkan dengan berolahraga.

Olahraga memang banyak macam jenisnya dan semuanya memiliki manfaat tersendiri untuk melatih bagian tubuh, tapi ada satu jenis olahraga yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, dan manfaat itu juga berlaku untuk segala jenis kalangan orang-orang baik itu ibu hamil, bayi, balita, remaja, dewasa, dan orang tua. Olahraga ini juga terbukti bisa mengatasi masalah kesehatan dan mencegah berbagai macam penyakit. Olahraga ini adalah renang, nah apa saja manfaat renang yang banyak sekali ini? Langsung simak di sini ulasannya!

Secara umum manfaat berenang adalah sebagai berikut:

Melatih Kekuatan Otot dan Tulang

Gerakan dalam renang akan memperkuat tulang dan otot Anda, dan otot yang dimaksud ini adalah seluruh bagian otot yaitu otot dada, punggung, bahu, kaki, tangan.

Melatih Pernafasan Agar Kuat

Jika Anda rutin melakukan olahraga berenang maka sistem pernafasan Anda akan sangat bagus dan sangat kuat. Pernafasan yang baik akan membuat seluruh tubuh kita menjadi sehat dan bugar, selain itu kita juga tidak akan mudah lelah, karena pernafasan yang kuat berarti stamina Anda dalam melakukan segala aktivitas juga sangat prima. Dengan renang maka aliran darah dalam tubuh akan terpacu dan mengalir dengan lancar ke jantung, pembuluh, darah, dan paru-paru. Hal ini penting untuk memberikan pernafasan yang lebih panjang.

Bagi Anda yang menderita penyakit asma, berenang adalah obat asma yang sangat ampuh untuk menyembuhkannya, karena seperti yang sudah dijelaskan, bahwa dengan berenang maka sistem pernafasan akan dilatih menjadi kuat dan sehat. Asma adalah masalah penyakit yang mengganggu sistem pernafasan, dan ini bisa berbahaya jika tidak ditangani dengan benar, renang adalah terapi dan solusi terbaik untuk menyembuhkan penyakit ini.

Membuat Badan Menjadi Tinggi & Ideal

Gerakan menarik dan mendorong dari renang akan membuat tubuh Anda memiliki struktur tulang yang bagus dan bisa memacu pertumbuhan tulang sehingga tubuh Anda menjadi lebih tinggi. Jadi jika ingin tinggi berenang adalah cara yang paling baik dan efektif, baik untuk anak-anak hingga usia remaja dibawah 20 tahun. Selain itu dengan berenang maka bentuk tubuh dan berat badan akan menjadi ideal, karena berang juga berfungsi untuk membuang lemak dalam tubuh. Inilah manfaat renang untuk diet. 

Baca –> Cara Meninggikan Badan

Menyehatkan Kulit

Faktanya manfaat renang juga berfungsi untuk menyehatkan kulit lho Bunda, karena dengan gerakan-gerakan dari renang tersebut, kulit akan menjadi kencang dan apalagi dengan kombinasi kontak dengan air, maka kotoran-kotoran dalam kulit akan keluar dan menjadi lebih sehat.

Memperbaiki Koordinasi dan Keseimbangan

Dengan berenang, ternyata kita bisa memperbaiki koordinasi antar alat gerak pada tubuh, melatih keseimbangan, hingga memperbaiki postur tubuh yang kurang baik. Apalagi saat berenang, Anda bisa melatih semua otot pada tubuh yang umumnya jarang digerakkan saat berolahraga. Plus, rasa dingin dari air akan memberikan kesegaran pada tubuh Anda selama berlatih dan menggerakkan otot-otot Anda.

Yang berikut ini adalah manfaat renang terhadap masalah-masalah khusus:

Manfaat Renang Terhadap Kejiwaan

Berenang juga dapat meredakan kondisi pikiran yang stress karena dengan renang hormon endorfin yang ada dalam otak akan meningkat, hormon ini akan membuat suasana pikiran menjadi lebih tenang atau lebih rileks dan menurunkan tingkat stress kita, selain itu kontak dengan air akan menyejukkan tubuh kita sehingga kita tidak akan lagi mengalami stress.

Untuk anak-anak ini dapat meningkatkan mood mereka menjadi baik, apalagi jika Anda mengajak anak Anda ke tempat renang yang memiliki banyak wahana yang menyenangkan, maka anak akan semakin menyukai dan menikmati aktivitas berenang.

Sebagai Alternatif Untuk Terapi

Manfaat berenang juga dapat menjadi terapi untuk beberapa masalah kesehatan, seperti jika mengalami cidera maka terapi renang ini akan mempercepat proses penyembuhan cidera tersebut. Selain itu renang juga akan merangsang meningkatnya fungsi sel, saraf, dan organ-organ tubuh sehingga renang juga sangat baik untuk terapi anak berkebutuhan khusus seperti autis dan down syndrome yang memiliki keterbatasan dalam melakukan aktivitas fisik. Baca juga –> Beberapa Terapi Khusus Bagi Anak Down Syndrom

Berenang masih memiliki manfaat yang lainnya khususnya manfaat renang untuk bayi, jika bayi terbiasa berenang maka:

  • Perkembangan saraf motoriknya bagus
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Membuat bayi menjadi berani
  • Bayi tidak akan mudah terkejut
  • Membuat bayi bisa beradaptasi

Lalu manfaat renang untuk wanita terutama ibu hamil adalah:

  • Menjaga bentuk tubuh setelah proses kehamilan dan kelahiran
  • Mengencangkan g-spot
  • Mendetoksifikasi racun, sehingga racun keluar dari tubuh
  • Mencegah terjadinya bayi prematur
  • Melancarkan proses persalinan
  • Melonggarkan otot-otot sekitar pinggul

Dan yang terakhir manfaat renang untuk orang tua:

  • Bisa menjaga tubuh tetap awet muda, karena dengan berenang, tubuh akan terangsang untuk membentuk sel-sel baru yang sehat dan bugar
  • Mencegah penyakit osteoporosis karena tualng akan dilatih secara maksimal dan akan menjadi lebih kuat dan padat. Baca di sini –> Penyakit Osteoporosis
  • Meningkatkan fleksibilitas yang biasanya sudah tidak dimiliki lagi oleh orang tua.

Wah memang banyak sekali ya manfaat renang, olahraga satu ini memang sangat bagus untuk kesehatan dan tidak sulit untuk dilakukan. Ayo segera mulai kebiasaan untuk berolahraga, dan rasakan manfaat berenang untuk kesehatan tubuh Anda!

Anda pasti juga akan suka membaca info kami lainnya, klik link di bawah ini!

Perut Buncit Udah Gak Zaman! Ayo Berantas Dengan 3 Jenis Olahraga Ini!

Inilah Olahraga Yang Cocok Untuk Anak Usia Dini!

author
No Response

Leave a reply "Luar Biasa, Ini Manfaat Renang Untuk Kesehatan"