Makanan Bernutrisi Yang Tidak Boleh Dilupakan Oleh Ibu Hamil

Makanan Bernutrisi Yang Tidak Boleh Dilupakan Oleh Ibu HamilNutrisi Ibu Hamil – Sebagai wanita yang sedang mengandung janin, tentunya Anda ingin agar si jabang bayi selalu sehat hingga sampai saatnya melahirkan. Anda tentu tidak menginginkan sesuatu yang buruk terjadi pada bayi Anda karena kurangnya pengetahuan tentang kehamilan. Untuk itu dibutuhkan nutrisi makanan bagi ibu hamil yang memadai untuk kesehatan dan juga memelihara tumbuh kembang si jabang bayi.

Dan berikut ini makanan makanan yang bisa dimakan untuk memenuhi nutrisi ibu hamil.

1. Produk susu dan olahannya
Sumber produk susu dan olahannya dapat ditemukan pada yogurt atau susu yang kaya akan vitamin dan mineral, termasuk kalsium. Kalsium membantu pengaturan cairan tubuh dan pertumbuhan tulang serta bakal gigi si Kecil. Beberapa sumber kalsium yang dianjurkan untuk dikonsumsi 3-4 porsi/hari misalnya keju, tahu, kol, telur, yogurt dan susu. Saat Ibu mengonsumsi susu, sebaiknya pastikan kandungannya telah dilengkapi atau difortifikasi dengan vitamin A, vitamin D.

2. Buah pisang
Buah ini banyak mengandung potassium yang diperlukan untuk mengatasi penahanan cairan yang bikin kaki jadi bengkak dan kram saat ibu hamil. ibu hamil bisa merasa kenyang lebih lama kareana pisang juga mengandung serat dan gula yang dirilis perlahan. Seratnya bagus untuk mencegah sembelit. Jadikan pisang sebagai camilan menyehatkan buat ibu hamil.

3. Makanan berkalsium (susu, telur, tahu serta kubis)
kebutuhan kalsium bagi para ibu hamil perharinya adalah 1000 miligram. Fungsi kalsium sendiri yaitu untuk mulai membangun tulang pada janin sekaligus membantu proses tumbuhnya tunas gigi pada bayi.

4. Makanan Yang mempunyai kandungan Asam Folat (bayam, kubis, tomat, jeruk)
Ibu hamil membutuhkan asam folfat sekitar 600-800 mikrogram perharinya. Fungsi asam folat yaitu membantu proses pembentukan sistem syaraf pada bayi dan mencegah berbagai kelainan pada syaraf janin. Makanan yang tinggi akan asam folat yaitu bayam, kubis, tomat maupun jeruk

5. Makanan yang bervitamin C (stroberi, lemon, mangga, tomat, melon, dan kentang)
Buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin C dapat membantu penyembuhan luka, pertumbuhan gigi dan tulang serta meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh. Ibu tentu tidak asing lagi dengan buah-buahan yang kaya akan vitamin C yang dianjurkan dikonsumsi sebanyak 3 porsi dalam sehari

Nah, itulah beberapa makanan yang bisa dimakan untuk memenuhi nutrisi ibu hamil. Semoga bermanfaat bagi Anda yang membutuhkannya.

Baca Juga Inilah Mitos Ibu Hamil, Apakah Anda Percaya?

author
No Response

Leave a reply "Makanan Bernutrisi Yang Tidak Boleh Dilupakan Oleh Ibu Hamil"