Makanan dan Minuman Yang Menggangu Kesehatan Gigi

Makanan & Minuman Yang Menggangu Kesehatan Gigi

Kesehatan Gigi – Memiliki gigi putih bersih serta tersusun rapih tentunya menjadi dambaan setiap orang tak terkecuali pria maupun wanita. Dengan gigi yang berkilau anda tentunya dibuat percaya diri, apalagi saat melepaskan senyuman pada orang lain terutama lawan jenis anda ketika bebicara. Gigi yang terawat akan membuat anda semakin mempesona setiap kali tersenyum. Namu terkadang, secara tidak sadar ada beberapa kebiasaan seperti mengkonsumsi makanan atau minuman yang bisa merusak keindahan gigi.

Secara umum penyakit yang menyerang gigi dimulai dengan adanya plak gigi. Plak timbul dari sisa makanan yang mengendap pada lapisan gigi yang kemudian berinteraksi dengan bakteri yang banyak terdapat dalam mulut, seperti Streptococcus mutans. Plak akan melarutkan lapisan email pada gigi sehingga lama-kelamaan lapisan itu menipis.

Karena itulah sikat gigi setelah makan merupakan hal yang paling utama untuk kesehatan dan menghindari menimbunnya plak pada gigi. Namun, menyikat gigi tentu saja tak bisa kita lakukan setiap habis ngemil terutama bila kita termasuk orang yang rajin ngemil. Makanya orang yang hobi ngemil cenderung kurang sehat giginya.

Gigi yang Anda miliki tidak bisa diganti jika rusak atau tanggal, dan biaya pengobatannya lebih mahal daripada pencegahannya. Jadi rawatlah kesehatan gigi Anda dengan baik.

Berikut ini adalah makanan & minuman yang dapat menggangu kesehatan-kesehatan gigi dan harus dihindari karena bisa merusak gigi:

  • Makanan & minuman yang tinggikadar gula dapat menggangu kesehatan gigi

Saat memproses gula, bakteri dalam mulut memproduksi asam yang membuat lapisan gigi menjadi ‘lunak’, sehingga gigi jadi lebih mudah berlubang. Minuman bersoda justru lebih merusak, karena kandungan sodanya meningkatkan asam.

  • Hindari rokok untuk kesehatan

Tembakau merusak gigi dan meningkatkan resiko penyakit pada gusi serta kanker mulut. Resiko ini juga meningkat akibat tembakau kunyah, lho.

  • Kopi Tidak baik untuk kesehatan gigi

Kadar asam dalam kopi bisa membuat gigi menjadi kuning. Gigi Anda memang bisa diputihkan kembali dengan mudah. Tapi tidakkah pencegahan lebih baik daripada mengobati?

  • Jangan Sering minum Es batu demi kesehatan gigi

Yang satu ini mungkin bukan termasuk dalam makanan ataupun minuman. Tapi akui saja, kadang-kadang Anda mungkin suka mengunyah es batu yang tersisa pada minuman Anda. Sayangnya kebiasaan ini bisa membuat gigi Anda retak. Selain itu, es batu bisa merusak jaringan lunak di dalam gigi dan menyebabkan gigi menjadi ngilu.

author
No Response

Leave a reply "Makanan dan Minuman Yang Menggangu Kesehatan Gigi"