Manfaat Menakjubkan Ketika Anda Menangis

No comment 681 views

manfaat menangis – Semua dari kita pernah menangis bukan, mulai dari bayi hingga orang dewasa tidak mungkin tidak ada yang pernah menangis. Menangis adalah luapan emosi yang timbul dan dilampiaskan dengan mengeluarkan air mata. Penyebab dari emosi itu bermacam-macam, dari mulai rasa sedih, stress atau tertekan, bahkan saat bahagia pun orang bisa menangis.  Tapi ternyata menangis itu ada manfaatnya lho untuk kesehatan, bagaimana bisa ya? Nah secara umum menangis diteliti bisa melepaskan energi negatif, mau tahu lebih jelasnya? Ayo simak di sini ulasannya!

  1. Menangis dapat menurunkan stress

Inilah manfaat menangis yang pertama yaitu bisa menurunkan level stress yang Anda alami. Hal ini dikarenakan ketika Anda menangis, tubuh akan mengeluarkan hormon stress lewat air mata. Saat air mata keluar maka akan keluar semua zat-zat kimia yang kotor dan merusak tubuh. Ini yang membuat orang merasa nyaman dan merasa lega sesudah menangis.

Jika Anda menahan air mata, itu berarti Anda menimbun hormon stress hingga menumpuk dan akan menyebabkan komplikasi penyakit-penyakit lainnya, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan lain sebagainya. Jadi menangis adalah salah satu cara menghilangkan stres.

 

  1. Dapat mencegah flu dan pilek

Saat menangis air mata akan membunuh 95% bakteri yang menyebabkan penyakit flu dan mengeluarkannya dari dalam tubuh. Karena air mata mengandung zat lisozim fluida, zat inilah yang dapat menangkal dan mencegah virus dan bakteri sehingga penyakit seperti flu bisa diminimalkan.

 

  1. Merilekskan pikiran

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa menangis adalah bentuk luapan emosi karena merespon suatu keadaan, saat air mata keluar tubuh akan menghasilkan suatu zat yang disebut endorphin.

Itu adalah semacam hormon bahagia yang bisa menormalkan kondisi atau mood yang sedang tidak baik dan menyeimbangkan emosi yang tidak stabil. Ketika menangis maka kondisi pikiran yang sedang tidak baik akan kembali rileks dan terhindar dari stress.

 

  1. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Ternyata menangis bisa membersihkan racun lho Bunda, karena dengan menangis air mata juga akan berperan untuk ekskresi yaitu proses membuang zat sisa yng kotor di dalam tubuh termasuk racun-racun yang menumpuk dalam tubuh.

5. Menyehatkan Mata

Manfaat menangis yang terakhir adalah bagi mata itu sendiri, dengan menangis mata Anda akan mengalami semacam penyucian atau pembersihan. Jadi ketika menangis air mata akan membasahi mata Anda dan melembabkan mata Anda. mata juga bisa mengalami dehidrasi dan kekeringan akibat kurangnya cairan yang membasahi mata. Selain itu kotoran-kotoran yang ada pada mata juga bisa dikeluarkan lewat air mata ketika Anda menangis.

Karena mata juga bisa kemasukan debu, kotoran, dan polusi ketika kita berada di jalan raya maupun di sekeliling kita, dan juga ketika kita terlalu banyak melihat layar gadget yang memancarakan radiasi yang tidak baik untuk mata. Itulah yang menyebabkan mata menjadi kering dan bisa merusak saraf mata. Untuk itu menangis bisa menjadi solusi untuk mengeluarkan kotoran-kotoran tersebut.

Baca juga –> Mata Anak Sudah Minus? Kenali Penyebabnya & Cara Mengatasinya di Sini!

Itulah beberapa manfaat menangis untuk kesehatan, jadi tidak perlu malu karena menangis bukanlah semerta-merta menunjukkan ketidak berdayaan dan kelemahan seseorang. Karena ternyata menangis menyimpan khasiat yang luar biasa untuk kesehatan.

Baca juga yuk info kesehatan kami yang lainnya, klik di bawah ini ya!

Pikiran Termasuk Faktor Penting Agar Awet Muda Lho!

Bahaya Penyakit Vertigo & Cara Mengatasinya!

author
No Response

Leave a reply "Manfaat Menakjubkan Ketika Anda Menangis"