Manfaat Menjaga Kesehatan Gigi Bagi Wanita Hamil

Manfaat Menjaga Kesehatan Gigi Bagi Wanita HamilGigi wanita hamil – mengapa perlu ibu hamil menjaga kesehatan giginya? Nah hal ini yang biasanya ditanyakan oleh beberapa wanita yang sedang mengandung bayinya. Sebelum hamil semua orang juga disarankan untuk menjaga kesehatan giginya masing masing, terlebih lagi kalau untuk wanita yang sedang hamil.

Bagi wanita hamil yang peduli dengan kesehatan gigi pastinya mereka tidak senggan untuk menyebarkan informasi mengenai manfaat menjaga kesehatan gigi bagi wanita hamil. Karena kebanyakan para wanita yang sedang hamil kurang begitu peduli dengan kesehatan giginya.
Lalu apa alasanya untuk wanita hamil harus merawat kesehatan giginya?, dan apa hubunganya gigi dengan kehamilan?

Inilah kenapa wanita hamil harus menjaga kesehatan giginya

1. Wanita hamil membutuhkan zat bergizi
Gigi dan mulut meruoakan bagian dari pencernaan, sehingga saat ibu membutuhkan banyak makanan bergizi dan gigi ibu mengalami masalah, ini akan menyebabkan terganggunya asupan gizi pada ibu hamil. Hal ini akan berkibat pada gangguan tumbuh kembang janin.

2. Perubahan hormon progesteron dan estrogen
Perubahan homon pada ibu hamil menyebabkan mual mual, rasa ingin muntah, dan kelebihan air liur. Pada kondisi tersebut wanita hamil merasa ingin meludah terus menerus. Jika hal tersebut tidak diimbangi dengan perawatan gigi yang baik, maka bisa menimbulkan jamur dan bakteri penyakit akan lebih mudah untuk tumbuh, dan juga munculnya bau mulut atau sariawan pada rongga mulut.

3. Resiko pembengkakan pada gusi
Wanita hamil yang mulai mengalami peurbahan hormon akan menyebabkan pelunakan dari jaringan daerah gusi dan menimbulkan pembengkakan berwarna merah pada gusi dan kadang gusi mudah berdarah

4. Kurang nya istirahat akibat sakit gigi
Wanita yang sedang hamil membutuhkan porsi tidur yang cukup. sakit gigi yang dialami oleh ibu hamil dapat mengganggu kecukupan tidur ibu hamil akibat kurang menjaga kesehatan gigi.

5. Merangsang keluarnya hormon prostaglandin
Gigi wanita hamil yang rusak bisa merangsang keluarnya hormon prostaglandin. Hormon ini merangsang timbulnya kontraksi pada rahim. Dan jika rahim mengalami kontraksi secara terus menerus, bisa mengakibatkan keguguran dan juga kelahiran prematur

Baca Juga Belum Ingin Hamil? Baca Tips Mencegah Kehamilan Ini

author
No Response

Leave a reply "Manfaat Menjaga Kesehatan Gigi Bagi Wanita Hamil"