Mengenal Bayi Prematur Agar Sang Ibu Lebih Waspada

Mengenal Bayi Prematur Agar Sang Ibu Lebih WaspadaBayi prematur adalah bayi yang lahir dengan usia kehamilan kurang dari 37 minggu dan dengan berat lahir kurang dari 2500 gram. Sebagian besar organ tubuhnya juga belum berfungsi dengan baik, karena kelahirannya yang masih dini.
Saat paling berbahaya dalam hidup bagi seorang bayi prematur adalah ketika ia baru saja terlahir ke dunia. Persalinan prematur atau preterm merupakan salah satu penyebab terbanyak kematian bayi, selain karena infeksi. Periode satu menit setelah lahir sangat menentukan tindakan selanjutnya.

Bayi prematur diklarifikasikan menjadi 3 yaitu:

a. Bayi prematur digaris batas
37 mg, masa gestasi
2%00 gr, 32%0 gr
16% seluruh kelahiran hidup

b. Bayi prematur sedang
31mg – 36 gestasi
1500gr – 2500gr
6% – 7% seluruh kelahiran hidup

c. Bayi sangat prematur
24 mg – 30 mg gestasi
500 gr – 1400 gr
0,8 % seluruh kelahiran hidup

Esther menggambarkan bayi prematur sebagai bayi yang belum matang. Hal ini menimbulkan masalah kesehatan mulai dari suhu tubuh, saluran pernapasan, sistem jantung dan pembuluh darah, sistem saraf, metabolisme, dan pencernaan. Selain itu juga berakibat pada terganggunya sistem kekebalan tubuh, pendengaran, dan penglihatan.

Di samping itu, bayi prematur juga berpotensi menderita gagal jantung dan hipotensi. Masalah gagal jantung akibat Patent Ductus Arteriosus (PDA) diderita 30 persen bayi prematur. PDA menyebabkan bercampurnya darah yang teroksigenasi dan yang belum teroksigenasi sehingga meningkatkan tekanan arteri pulmonal.

Faktor kelahiran bayi prematur

1. Faktor ibu
Faktor kelahiran bayi prematur yang di sebabkan oleh ibu ini karena Komplikasi persalinan itu karena adanya komplikasi persalinan. misalnya adalah kelainan pada leher rahim ibu, infeksi pada ibu, pre-eklamsi, eklamsi, plasenta previa, dan pernah ada riwayat persalinan prematur

2. Bayi berbagi plasenta
Kehamilan kembar memiliki 2 tipe atau jenis. Pertama, kehamilan yang memiliki dua plasenta untuk masing-masing bayi. Kedua, kehamilan kembar yang hanya memiliki satu plasenta untuk dua bayi. Jika kehamilan Anda termasuk pada jenis kedua, maka Anda harus memberikan perhatian yang sangat ekstra pada kehamilan Anda.

3. Gaya hidup ibu diwaktu kehamilan
Salah satu faktor penyebab kelahiran bayi prematur adalah sikap dan gaya hidup sang ibu selama menjalani masa kehamilan.

4. Faktor demografi
ada faktor lain dari bayi prematur yang harus kita perhatikan, yaitu faktor demografi. Usia ibu, status perkawinan, dan kondisi sosio ekonomi adalah beberapa hal demografis yang bisa menjadi faktor kelahiran bayi prematur. Faktor-faktor yang sudah dijelaskan di atas adalah beberapa pemicu kelahiran bayi prematur karena itu kita harus waspada dan menjaga kondisi kita saat hamil.

Baca Juga Menu Pilihan Ibu Hamil Yang Mudah Diperoleh

author
No Response

Leave a reply "Mengenal Bayi Prematur Agar Sang Ibu Lebih Waspada"