Menguak Penyebab Kaki X dan Cara Mengatasinya

Moms, sebelumnya kita sudah mengupas informasi singkat mengenai kelainan bentuk kaki O (gene varum) pada anak. Dan kali ini, giliran kita membahas tentang kelainan kaki lainnya yaitu gene valgum atau knocked knee. Jika dibandingkan dengan gene varum, ciri-ciri utama dari gene valgum adalah bentuk tungkai yang menekuk ke dalam hingga kedua lutut saling berhadapan sehingga menyerupai bentuk huruf X. Bentuk kaki X seringkali terjadi pada anak kecil di usia 4 tahun, walaupun tak jarang hal yang sama juga bisa terjadi pada orang dewasa. Intip yuk penyebab kaki X dan cara mengatasinya berikut ini.

Ternyata kaki X bisa disebabkan akibat beberapa hal. Penyebab kaki X yang paling umum adalah akibat faktor keturunan alias genetik. Selain itu faktor penyakit rakhitis yang diderita anak juga dapat mengakibatkan tulang kaki jadi rapuh dan tidak dapat menyangga beban tubuh dengan baik. Penyakit rakhitis disebabkan oleh defisiensi vitamin D dan kalsium. Tapi faktor ini bisa dicegah dengan memberikan anak Anda makanan yang kaya akan vitamin D serta kalsium, bahkan semenjak ia masih berada di dalam kandungan.

Seorang anak yang terkena obesitas juga berpotensi besar memiliki bentuk kaki X. Pasalnya, berat badan bagian atasnya jauh lebih besar dibandingkan dengan daya topang kedua kaki kecilnya. Tapi, orang dewasa pun tidak luput dari resiko terkena kelainan kaki ini lho. Penyebab kaki X pada orang dewasa bisa jadi merupakan dampak dari gangguan persendian, seperti osteoarthritis atau rheumatoid arthritis. Selain itu infeksi penyakit tulang osteomielitis juga bisa mengakibatkan kelainan pada bentuk kaki Anda.

Bentuk kaki X tidak hanya berpengaruh pada rasa kepercayaan diri saja, Moms. Penderita kaki X banyak mengalami keluhan seperti area persendian yang terasa kaku dan sakit, terutama pada bagian lutut. Kesulitan berjalan juga sering menjadi faktor pemicu untuk segera mencari jalan kesembuhan dari kelainan satu ini. Adakah cara untuk itu?

Treatments yang dilakukan untuk penderita kaki X bergantung pada penyebabnya. Jika diketahui bahwa penyebab dari gene valgum yang Anda alami ternyata bersumber dari defisiensi vitamin D, maka dokter akan memberikan beberapa suplemen vitamin D dan suplemen kalsium untuk memperkuat tulang Anda. Tak ketinggalan, jika Anda sering dihinggapi dengan rasa nyeri yang sangat mengganggu dokter juga akan memberikan painkiller.

Sedangkan jika penyebabnya adalah arthritis, maka Anda akan diberikan alat bantu berjalan khusus yang bisa membantu mengurangi beban ketegangan pada lutut. Kalau kaki X tersebut ternyata sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, maka akan dilakukan prosedur operasi pembetulan tulang kaki.

Semoga informasi tentang penyebab kaki X sekaligus cara mengatasinya ini bermanfaat bagi Anda.

author
No Response

Leave a reply "Menguak Penyebab Kaki X dan Cara Mengatasinya"