Sejuta Manfaat Minum Susu Kedelai

No comment 3189 views

susu kedelai

Minum Susu – Susu Kedelai adalah sarana lain dari orang yang alergi dengan susu sapi. Susu atau sari dari kedelai memiliki kebutuhan gizi yang hampir sama dengan susu sapi. Tetapi hanya terdapat berberapa perbedaan saja. Mungkin memang sedikit dari orang0-orang yang mengerti tentang manfaat besar dari susu kedelai ini. Dan Berikut adalah penjelasan dari manfaat minum susu kedelai.

  • Untuk mencegah penuaan dini

Manfaat susu kedelai yang pertama adalah mencegah penuaan dini. Susu kedelai selain mengandung protein yang tinggi juga kaya akan zat senyawa Anti Aging, vitamin E pun terkandung didalamnya. Jadi, mengonsumsi susu kedelai ini akan terlihat awet muda.

  • Mengatasi Intoleransi Laktosa

Intoleransi Laktosa adalah sistem pencernaan yang tidak mampu mencerna dan menyerap laktosa atau lemak susu dengan baik akibat terbatasnya enzyme laktase dalam tubuh yang berfungsi untuk memecah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa (monosakarida) agar lebih mudah dicerna oleh usus. Sehingga tidak baik untuk memberikan susu sapi kepada balita yang mengalami intoleransi laktosa. karena susu sapi mengandung laktosa. Gejalanya berupa mual, muntah, diare, dan gejala sakit perut yang lain. Sebagai gantinya anda bisa memberikan susu kedelai kepada balita diatas 1 tahun sebagai pendamping ASI.

  • Menyehatkan Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling sering dialami oleh seorang pria. Untuk melakukan diet rendah lemak jenuh dan sodium serta tinggi protein untuk mencegah masalah kardiovaskular. 1 cangkir susu kedelai mengandung 3.6 gram lemak, 6.3 gram protein, 104 kalori dan hanya 0,5 gram lemak jenuh.Selain rendah kalori, lemak, dan tinggi protein, rasio lemak jenuh dan tak jenuh susu kedelai dapat memantu tekanan darah tinggi dan kolesterol.

  • Pencegah Osteoporosis

Osteoporosis merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh bertambahnya usia dan kekurangan hormon. Fitoestrogen dalam kedelai dapat membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah hilangnya massa tulang yang dapat menyebabkan osteoporosis. Untuk manfaat maksimal, pastikan untuk membeli susu kedelai yang diperkaya dengan kalsium tambahan dan vitamin D.

  • Pengganti susu sapi bagi autis

Salah satu manfaat susu kedelai adalah bisa digunakan sebagai minuman pengganti susu sapi bagi penderita autisme. Autisme adalah keadaan seseorang yang sejak lahir ataupun saat masa balita tidak dapat membentuk hubungan sosial atau komunikasi yang normal. Susu sapi dan keju adalah alah satu sumber kasein atau protein susu dan glutein atau protein tepung jadi tidak baik diberikan pada penderita Autisme. Karena kasein dan glutein bisa menyebabkan gangguan fungsi otak dan bisa menyebabkan autisnya semakin parah. Jadi pemberian susu dan keju bisa diganti dengan susu kedelai.

Sekian Informasi tentang manfaat susu kedelai jika diminum secara teratur bagi orang dewasa juga anak-anak. Semoga informasi tersebut dapat membantu para orang tua dalam menjaga kesehatan keluarga.

author
No Response

Leave a reply "Sejuta Manfaat Minum Susu Kedelai"