Mom, Waspadai Ini Penyakit Saat Musim Hujan Datang!

Katalogibu – Desember, memasuki bulan di akhir tahun ini curah hujan semakin meningkat dan datang setiap hari. Datangnya musim hujan biasanya diiringi dengan banjir, sampah yang menumpuk, serta suhu udara yang cepat berubah. Ketahanan tubuh tentu saja cepat menurun, berbagai penyakit saat musim hujan pun siap mengintai. Misalnya penyakit kulit karena bakteri dan jamur akibat suhu yang lembab. Penyakit hepatitis A juga sering muncul di musim hujan. Penyakit ini disebabkan virus yang disebarkan oleh kotoran atau tinja penderita serta makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi virus Hepatitis A.

Selain penyakit diatas masih banyak penyakit yang harus Moms waspadai saat musim hujan tiba. antara lain :

  1. Demam Berdarah

Penyakit ini sering terjadi saat musim hujan tiba, karena tempat sarang nyamuk Aedes Aegypti semakin banyak. Genangan air saat hujan deras atau banjir menjadi tempat berkembang biak dan menginfeksi manusia melalui gigitannya. Penyakit saat musim hujan satu ini termasuk penyakit berbahaya karena dapat menyebabkan kematian.

  1. Infeksi Saluran Pernafasan Akut

Infeksi saluran pernafasan akut ini disebabkan oleh bakteri, virus, dan berbagai mikroba. Gejala dari penyakit ini antara lain batuk, demam, nyeri dada dan sesak nafas

  1. Diare

Diare merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang menginfeksi saluran usus sehingga tinja menjadi cair dan berlendir. Dan apabila sudah terjadi diare biasanya berdarah. Diare adalah salah satu penyakit saat musim hujan yang sering terjadi saat ada bencana banjir. Kasus diare pada anak sebanyak 60 – 70 persen disebabkan oleh virus. Apabila anak Moms sudah terkena diare segera periksakan ke dokter dan lebih banyak mengonsumsi air putih.

  1. Demam tifoid

Demam tifoid atau yang sering disebut dengan tipus adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Demam ini ditularkan melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi kuman Salmonella. Akibat makanan dan minuman yang tidak higienis atau kurang bersih. Gejala awal penyakit ini suhu meningkat pada sore dan malam hari, sakit kepala, mual, nafsu makan menurun, diare pada anak dan sembelit pada orang dewasa.

Dari artikel di atas, kita arus mengetahui langkah paling mendasar untuk menghindari anak-anak dari penyakit saat musim hujan ialah menjaga kebersihan. Cuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan, cuci tangan setelah membuang hajat. Menghindari daerah yang tergenang air dan tumpukan sampah. Mengonsumsi banyak air putih, Semoga bermanfaat Moms.

author
No Response

Leave a reply "Mom, Waspadai Ini Penyakit Saat Musim Hujan Datang!"