Moms, Ikuti Tips Kurangi Sakit Maag Saat Sedang Hamil Ini

Nah Bunda, yuk intip tips kurangi sakit maag saat hamil berikut!

Bagi seorang ibu hamil, minggu-minggu pertama kehamilan adalah masa dimana Anda akan mengalami berbagai macam perubahan hormon dan fungsi tubuh, dan tidak pelak hal tersebut pun turut mempengaruhi kondisi fisik Anda. Salah satu permasalahan umum yang terjadi adalah morning sickness, atau perasaan mual yang timbul akibat kemampuan penciuman Anda meningkat secara tajam. Efek dari perasaan mual tersebut seringkali adalah mual yang dipicu oleh asam lambung yang meningkat di dalam lambung. Hal ini tentu sangat mengganggu, terutama bagi Anda yang memang telah mengidap gejala maag sebelum hamil. Adakah tips kurangi sakit maag saat sedang hamil?

Gejala maag yang Anda alami memang sangat mengganggu, karena tidak jarang dapat membuat Anda muntah. Padahal janin yang ada di dalam kandungan Anda sangat memerlukan asupan makanan untuk tumbuh kembangnya. Selain itu apabila tidak ada makanan apapun untuk dicerna oleh lambung maka muntah-muntah tersebut pun tidak akan berhenti. Nah Bunda, yuk intip tips kurangi sakit maag saat hamil berikut!

  • Salah satu penyebab dari meningkatnya produksi asam lambung di perut adalah stres. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi Anda untuk menjaga kondisi jiwa dan pikiran Anda dan hindari diri dari membebani pikiran dengan pikiran-pikiran negatif. Untuk mencegah perasaan stres tersebut timbul, Anda dapat berdiskusi dengan suami maupun dengan teman-teman atau Anda juga dapat mengikuti aktivitas olahraga yang menenangkan seperti renang atau yoga.
  • Sedangkan untuk mengatasi tantangan terbesar dari ibu hamil adalah bagaimana cara mengkonsumsi makanan tanpa menimbulkan perasaan mual dan muntah. Caranya adalah hindari konsumsi makanan yang memiliki bau dan rasa yang pekat dan tajam, karena kedua jenis makanan maupun minuman tersebut justru akan membuat Anda merasa mual. Sebaliknya konsumsi makanan dalam jumlah kecil namun sering. Dan ketika mengunyah, kunyahlah makanan Anda secara perlahan dan tanpa tergesa-gesa. Hal tersebut ditujukan agar lambung Anda tidak merasa terlalu terbebani dan makanan dapat tercerna dengan sempurna.
  • Setelah makan, tentunya Anda akan merasa mengantuk ya? Eits, jangan terburu-buru untuk merebahkan tubuh dulu, Moms! Apakah jika berbaring tidur segera setelah makan dapat merubah Anda menjadi ular seperti kata orang jaman dulu? Tenang saja, hal tersebut hanyalah sebuah mitos untuk menakut-nakuti Anda saat Anda kecil.

Akan tetapi, pergi tidur segera setelah makan memang sangat membahayakan karena dapat menyebabkan heartburn. Heartburn adalah naiknya asam lambung ke kerongkongan dan menimbulkan sensasi panas membakar dan tidak nyaman di area tenggorokan. Apabila Anda ingin beristirahat, sebaiknya usahakan berbaring dengan posisi kepala lebih tinggi dari kaki (dengan bersandar di kasur, dsb).

Demikianlah tips kurangi maag saat sedang hamil. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, Moms!

author
No Response

Leave a reply "Moms, Ikuti Tips Kurangi Sakit Maag Saat Sedang Hamil Ini"