Moms, Ini Cara Menggunakan Nebulizer Asma

No comment 240 views

Cara Menggunakan Nebulizer

Asma, atau asma adalah sebuah penyakit saluran pernapasan yang tentunya sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Penyakit ini menimbulkan gejala-gejala yang mengindikasikan gangguan pernapasan, seperti sesak napas maupun suara napas yang berbunyi. Seakan belum cukup gawat, penyakit ini tergolong penyakit yang tidak dapat ditebak kapan munculnya, karena bersifat kambuhan. Anak-anak termasuk golongan yang sangat mudah mendapat penyakit ini, sehingga Anda perlu mengadakan berbagai macam langkah antisipasi, yaitu antara lain dengan menggunakan nebulizer. Dan artikel ini akan membahas lebih lanjut bagaimana cara menggunakan nebulizer asma.

Sebelum mengetahui cara menggunakan nebulizer asma, pertama-tama Anda perlu mengetahui apakah yang disebut dengan nebulizer. Nebulizer adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengubah wujud dari obat-obatan asthma, yaitu dari obat-obatan berbentuk cair menjadi uap. Gas obat-obatan tersebut dapat digunakan oleh penderita asma untuk membantu memperlebar saluran pernapasan dan membantu penderita untuk dapat kembali bernapas dengan lega.

Alat nebulizer ini paling tidak memiliki fungsi yang sama dengan alat inhaler, walaupun perbedaannya terletak pada bentuk inhaler yang lebih compact dibandingkan dengan nebulizer. Penggunaan nebulizer juga dinilai lebih praktis dan hemat dibandingkan jika Anda meminumkan obat-obatan asma terhadap anak Anda. Pasalnya, nebulizer mengubah obat cair tersebut menjadi uap yang dihirup langsung sehingga obat tersebut dapat dengan segera mencapai  saluran pernapasan dan membasmi penyebab asma pada anak Anda.

Cara menggunakan nebulizer juga tergolong sangat sederhana. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengisi cangkir nebulizer dengan obat dari resep dokter. Setelah itu hubungkan masker ke cangkir nebulizer tersebut. Pastikan bahwa tangan Anda dalam keadaan bersih dan kedua objek tersebut terhubung dengan sempurna. Setelah itu, tempatkan corong tersebut ke mulut anak Anda, mintalah anak Anda untuk bernapas melalui mulut selama 5-10 menit  hingga obat dalam cangkir tersebut habis. Setelah proses pengobatan selesai, cuci alat nebulizer beserta cangkir nebulizer denga menggunakan air bersih, keringkan, dan simpan di tempat yang terlindungi dari debu dan kotoran untuk proses pengobatan selanjutnya.

Demikianlah cara menggunakan nebulizer asma. Saat proses penguapan, Anda perlu memperhatikan posisi duduk dari anak Anda. Posisi duduk anak Anda harus dalam keadaan tegak dan usahakan agar ia dapat duduk dengan nyaman. Jeda saat bernapas juga perlu untuk diperhatikan. Paling tidak berikan jeda menahan napas selama 20 detik bila memungkinkan  sebelum menghembuskan napas. Semoga informasi ini membantu, Bunda.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Ini Cara Menggunakan Nebulizer Asma"