Moms.. Ini Gejala, Penyebab, dan Pengobatan Progeria

Progeria adalah penyakit kesalahan kode genetik atau bisa disebut mutasi gen. Menurut para ahli hal ini terjadinya kesalahan yang terdapat pada kromosom yang mengakibatkan tua sebelum waktunya. Untuk itu mari kita ketahui gejala dan penyebab penyakit ini.

 

  • Gejala Progeria

Penyakit ini pada masa kanak-kanak disebut dengan sindroma Hutchinson-Gliford yang ditandai dengan adanya kegagalan pada saat pertumbuhan pertama. Anak dengan penyakit ini tidak mengalami pertumbuhan dan tidak mengalami penambahan berat badan secara normal. Berikut cri-cirinya:

  1. Terjadi pembesaran pada kepala
  2. Kulit keriput dan menipis
  3. Pertumbuhan gigi terganggu
  4. Pembesaran mata
  5. Kerontokan rambut, temasuk alis dan bulu mata
  6. Telinga yang tampak pucat
  7. Suara kecil tapi bernada tinggi
  8. Rahang bawah tidak tumbuh
  9. Kemampuan gerak terbatas
  10. Ketidak seimbangan ukuran tubuh
  11. Perkembangan tulang tidak sempurna
  12. Kaki mengalami kekeroposan

 

  • Penyebab Progeria

Progeria adalah kelainan genetik, namun penyakit ini tidak di turunkan dari orang tua. Penyakit langka ini melibatkan protein muatan yang disebut dengan progerin yang mengakibatkan percepatan penuaan fisik. Anak-anak penderita penyakit ini mulanya pada saat lahir terlihat sehat. Namun, ketika memasuki tahun pertama kehidupannya mulai menunjukkan tanda-tanda penyakitnya.

 

  • Pengobatan

Progeria sangat mudah terdeteksi jika melakukan pemeriksaan secara rutin. Biasanya dokter akan malakukan pemeriksaan terhadap penglihatan, pendengaran, dan membandingkan tinggi dan berat badan normal diusianya. Spesial genetik juga melakukan tes genetik dengan periksa darah dan genetik untuk pemeriksaan lebih lanjutnya.

 

Penderita penyakit ini sangat langkah, di Indonesia hanya ditemukan satu. Untuk pengobatannya sendiri penyakit ini belum ditemukan obatnya. Saat ini para ilmuan sedang meneliti salah satu bahan kimia yang biasa digunakan obat untuk kanker. Para ilmuan yakin bahwa obat kimia tersebut dapat mengembalikan kelainan struktur nuklear yang mengakibatkan progeria.

 

Untuk saat ini pengobatan penyakit ini hanaya berfokus pada mengurangi gejalanya saja. Diantaranya adalah menggunakan hormon pertumbuhan yang berfungsi untuk menambah berat badan penderita. Aspirin untuk mencegah serangan jantung dan stroke, statin untk menurunkan kadar kolesterol. Selain obat-obatan tersebut juga diperlukan adanya terapi fisik untuk mengatasi kaku pada sendi dan masalah pinggul.

 

Itulah moms tentang penyakit langkah yaitu progeria. Penyakit ini memang langkah, tetapi moms harus harus tetap waspada dengan penyakit langkah ini. Dan yang terpenting moms harus mengetahui gejalanya.

author
No Response

Leave a reply "Moms.. Ini Gejala, Penyebab, dan Pengobatan Progeria"