Moms, Ini Kondisi Yang Membuat Ibu Hamil Dilarang Berpuasa

Ibu Hamil Dilarang Berpuasa

Bulan suci Ramadhan tinggal beberapa hari lagi, dan para umat muslim di seluruh dunia pun bersiap-siap untuk menyambut bulan penuh rahmat tersebut, termasuk bagi Anda yang saat ini sedang menjalani masa kehamilan. Ya, bagi banyak ibu hamil, kehamilan bukan menjadi alasan untuk tidak berpuasa. Dokter kehamilan pun pada umumnya tidak melarang ibu hamil untuk melakukan puasa, karena puasa di bulan Ramadhan telah terbukti tidak akan merugikan kehamilan Anda. Akan tetapi, sebelum berpuasa memang sebaiknya Anda mengkonsultasikan keputusan Anda dengan dokter kandungan Anda, Moms. Karena ada beberapa kondisi yang membuat ibu hamil dilarang berpuasa.

Penyakit maag adalah salah satu kondisi yang membuat ibu hamil dilarang berpuasa. Ibu hamil dengan maag pada umumnya akan disarankan untuk tidak berpuasa karena dikhawatirkan bahwa di tengah-tengah berpuasa nanti penyakit maag Anda akan kumat. Produksi asam lambung berlebihan yang terjadi selama Anda berpuasa tidak hanya dapat mengakibatkan rasa perih yang sangat mengganggu, tetapi juga dapat mengakibatkan terjadinya morning sickness menjadi lebih besar.

Morning sickness yang terjadi terlalu sering pun merupakan tanda bahwa Anda harus segera membatalkan puasa Anda. Muntah berlebihan dapat mengakibatkan tubuh Anda terkena dehidrasi karena jumlah cairan yang ada di dalam tubuh Anda tidak seimbang dengan banyaknya jumlah cairan yang keluar dari dalam tubuh Anda. Dehidrasi merupakan kondisi yang sangat berbahaya, apalagi bagi Anda yang tengah mengandung. Dehidrasi tidak hanya dapat mengancam nyawa Anda saja tetapi juga nyawa janin yang ada di dalam kandungan Anda.

Bagi Anda yang sedang mengalami masalah hipertensi, sangat disarankan untuk tidak berpuasa terlebih dahulu. Seorang ibu hamil dengan hipertensi akan diwajibkan untuk mengikuti tindakan perawata yang ditujukan untuk menyeimbangkan tekanan darah. Saat berpuasa, tubuh Anda akan mengalami penurunan tekanan darah, namun tekanan darah tersebut akan langsung melonjak saat Anda berbuka puasa. Ketidakseimbangan tekanan darah tersebut tentunya akan sangat berbahaya bagi ibu hamil.

Terjadinya pendarahan saat Anda hamil juga merupakan pertanda bahwa Anda tidak diperbolehkan untuk berpuasa. Walaupun berpuasa adalah aktivitas yang baik untuk kesehatan, akan tetapi berpuasa saat terjadi pendarahan dalam tubuh Anda justru dapat menjadi bumerang yang menyebabkan pendarahan tersebut menjadi semakin parah.

Demikianlah beberapa deskripsi mengenai kondisi yang membuat ibu hamil dilarang berpuasa. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Ini Kondisi Yang Membuat Ibu Hamil Dilarang Berpuasa"