Moms, Inilah Gejala dan Penyembuhan Diabetes Gestasional !

KatalogIbu – Menyambung artikel sebalumnya tentang penyebab dan resiko, kali ini akan membahas tentang gejala dan penyembuhan diabetes gestasional pada ibu hamil. Sebelum membahas tentang itu. Moms, harus tahu bahwa diabetes tipe ini sangat rentan terhadap ibu hamil khususnya di minggu ke 28 atau trimester ketiga kehamilan hingga proses melahirkan.

 

Mengingatkan kembali, diabetes tipe ini terjadi ketika plasenta menghasilkan hormon yang dapat membuat insulin dalam tubuh lebih sulit untuk bekerja. Lantas seperti apa gejala dan cara pengobatannya? Yuk, simak ulasan di bawah ini.

 

Tidak semua wanita yang menderita diabetes ini merasakan gejalanya. Tapi, gejala ini dapat terasa saat kadar gula darah melonjak tinggi, seperti sering merasa haus, sering buang air kecil, mulut terasa kering, mudah merasa lelah, hingga penglihatan terasa kabur. Namun, tidak semua gejala bisa mengindikasikan diabetes tipe ini. Untuk lebih lanjut tanyakan kepada dokter yang ahli.

 

Nah, terlepas dari itu bagaimana cara pengobatannya? Demi kesehatan ibu dan bayi, berikut cara pengobatan yang dapat Anda lakukan.

  • Memonitor kadar glukosa dalam darah

Agar terhindar dari komplikasi lebih lanjut, ada baiknya jika Anda secara rutin mengecek kadar gula darah Anda, seperti 5 hari sekali.

 

  • Pemeriksaan ultrasound

Selain ibu, dokter biasanya juga menyarankan untuk melakukan pemerikasaan rutin terhadap janin dengan bantuan ultrasound supaya bisa memantau perkembangan dan pertumbuhan janin dalam kandungan.

 

  • Diet Sehat

Sebagai wanita yang sedang hamil, alangkah baiknya jika Anda menjaga pola makan Anda. Misal dengan mengkonsumsi buah – buahan, sayur – sayuran, biji – bijian, hingga makanan yang mengandung serat dan nutrisi. Hal ini bertujuan agar terhindar dari resiko yang disebabkan oleh diabetes satu ini.

 

  • Olahraga

Dan yang terakhir adalah lakukan olahraga atau senam hamil secara rutin. Olahraga ini sangat berguna untuk menjaga stabilitas glukosa di dalam darah tetap normal sehingga dapat menghindari diabetes gestasional .

Nah, itulah beberapa ulasan tentang gejala dan penyembuhan diabetes gestasional. Eits, tapi pengobatan di atas tidak dapat seratus persen menghapus resiko itu ya. Karena setiap kehamilan memiliki resiko masing –masing. Tapi, dengan mendapatkan dukungan dari mengikuti bimbingan, Anda dapat menurunkan bahkan mencegah risiko dan dampak komplikasi diabetes gestasional sejauh mungkin. Sedangkan untuk lebih lanjut bisa menanyakan langsung kepada dokter yang ahli ya..

author
No Response

Leave a reply "Moms, Inilah Gejala dan Penyembuhan Diabetes Gestasional !"